PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 6 NGANJUK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

RETNA MELINDA, 12204183132 (2023) PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 6 NGANJUK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Kuis Pada Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 6 Nganjuk Pada Materi Aritmatika Sosial” ditulis oleh Retna Melinda, NIM. 1220413132, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Nadya Alvi Rahma S. Pd., M. Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang dilakukan belum bervariasi sehingga masih bersifat satu arah, selain itu karena adaya pembelajaran yang dilakukan secara daring selama kurang lebih dua tahun yang membuat peserta didik jenuh dan bosan, mereka kehilangan kebiasaan disiplin serta tanggung jawab terhadap tugas sekolahnya, seperti terlamabat datang ke sekolah dan terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan guru, selain itu mereka juga cenderung mengharapkan penyelesaian dari teman, orang tua bahkan googling. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk; (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk; (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini termasuk Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney, uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000. (2) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000. (3) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Retna Melinda
Date Deposited: 29 Jun 2023 03:42
Last Modified: 29 Jun 2023 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36691

Actions (login required)

View Item View Item