RETNA MELINDA, 12204183132 (2023) PENGARUH PEMBERIAN KUIS PADA MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 6 NGANJUK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Kuis Pada Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 6 Nganjuk Pada Materi Aritmatika Sosial” ditulis oleh Retna Melinda, NIM. 1220413132, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Nadya Alvi Rahma S. Pd., M. Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang dilakukan belum bervariasi sehingga masih bersifat satu arah, selain itu karena adaya pembelajaran yang dilakukan secara daring selama kurang lebih dua tahun yang membuat peserta didik jenuh dan bosan, mereka kehilangan kebiasaan disiplin serta tanggung jawab terhadap tugas sekolahnya, seperti terlamabat datang ke sekolah dan terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan guru, selain itu mereka juga cenderung mengharapkan penyelesaian dari teman, orang tua bahkan googling. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk; (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk; (3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII di MTsN 6 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini termasuk Quasi Eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 6 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney, uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000. (2) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000. (3) Terdapat pengaruh pemberian kuis pada model pembelajaran CUPs terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 6 Nganjuk pada materi aritmatika sosial yang ditunjukkan nilai Sig. 0,000.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aritmatika Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Retna Melinda |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 03:42 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 03:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36691 |
Actions (login required)
View Item |