PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMPN 3 MOJOAGUNG PADA MATERI ALJABAR

NURLAILI, 17204163070 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMPN 3 MOJOAGUNG PADA MATERI ALJABAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model pembelajaran Number Heads Together dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 3 Mojoagung pada Materi Aljabar” ini ditulis oleh NurLaili, NIM 17204163070, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 198609142020121006 Kata Kunci: Model Number Heads Together, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kreatif. Matematika sampai saat ini masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan juga salah satu pelajaran yang menakutkan. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Saat ini kebanyakan siswa masih kesulitan dalam memberikan ide-ide yang ingin dituangkan dalam pembelajaran. Kemapuan berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari salah satu nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dalam kategori rendah yaitu dengan nilai 58. Dalam hal ini peneliti memilih model pembelajaran Number Heads Together dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Heads Together dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung pada materi aljabar (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh model pembelajaran Number Heads Together dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Desaign dengan desain posttest-only control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung dengan jumlah 186 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasVII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 27.0 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Number Heads Together dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung pada materi aljabar. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, maka tolak H0 dan terima H1. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Number Heads Together dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMPN 3 Mojoagung pada materi aljabar sebesar 0,39 termasuk ke dalam kriteria kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163070 Nurlaili
Date Deposited: 30 Jun 2023 00:01
Last Modified: 30 Jun 2023 00:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36722

Actions (login required)

View Item View Item