SALSABILA MARDHOTILLAH ROHMANA, 12202193124 (2023) استخدام الطريقة الوظيفية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الواحد موجوكرطا. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (871kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (963kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar Siswa Kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2023/2024” ditulis oleh Salsabila Mardhotillah Rohmana, NIM : 12202193124, Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab, yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd Kata Kunci : Metode Resitasi, Ketrampilan Mendengar Dilatar belakang : Pembelajaran Bahasa arab merupakan salah satu pelajaran agama Islam yang membahas mengenai mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam menyampaikan pelajaran sering kali siswa merasa bosan atau tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan metode belajar yang kurang tepat. Maka dari itu, tugas seorang guru ialah mampu menguasai berbagai metode belajar agar dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa Dengan Fokus Penelitian : (1) Bagaimana Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar Siswa Kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto? (2) Apa saja kelemahan dan kelebihan penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mendengar Siswa Kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto? Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) yaitu metode penelitian yang memaparkan terjadinya sebab akibat dari perlakuan, sekaligus memaparkan apa saja ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Adapun teknik penumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian pada ketrampilan mendengar pokok bahasan alamat menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mendengar siswa. Terlihat hasil pada pra siklus, kemampuan ketrampilan mendengar siswa dikategorikan sangat rendah (40%). Setelah metode resitasi diterapkan pada siklus 1, kemampuan ketrampilan mendengar siswa meningkat menjadi (46%) dengan kategori cukup. Dilanjutkan pada siklus 2, kemampuan ketrampilan mendengar siswa meningkat menjadi (84%) dengan kategori tinggi. Dilanjutkan pada siklus 3 kemampuan ketrampilan mendengar siswa meningkat menjadi (87%) dengan kategori sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode resitasi dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa pada pembelajaran bahasa arab di kelas 7 MTsN 1 Mojokerto
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | S.Pd 12202193124 Salsabila Mardhotillah Rohmana |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 03:22 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36782 |
Actions (login required)
View Item |