STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII di MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016

MOHAMAD ROISUL GHOZALI, 2811123169 (2016) STRATEGI GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII di MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015-2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
Daftar RUJUKAN.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa kelas VIII di MTs darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2015-2016” yang ditulis oleh Mohamad Roisul ghozali, NIM: 2811123169, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Al-Qur’an Hadits, Kesulitan belajar siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah kadang kala kita jumpai siswa pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Kesulitan belajar tersebut dapat timbul dari berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak diatasi dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan berusaha mengatasinya guna tercapainya tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTS darul hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2015-2016 ? (2) Bagaimana Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung tahun ajaran 2015-2016 ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Hikmah. (2) Untuk mengetahui Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Hikmah. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakaan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: (1). Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah kesulitan belajar dalam hal menghafal Al-Qur'an dan Hadits, pemahaman tajwid dan makhorijul huruf. (2) Cara yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung yaitu dengan cara: Bimbingan belajar di luar sekolah, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, melengkapi sarana dan prasarana, penataan ruang kelas, dan selalu memberikan motivasi kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123169 Mohamad Roisul Ghozali
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:22
Last Modified: 03 Nov 2016 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item