PERLINDUNGAN HUKUM DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KONSUMEN SHOPEE (E-COMMERCE) YANG MENERIMA PRODUK BERBEDA DENGAN PRODUK YANG DIDESKRIPSIKAN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Ikan Kios Di Desa Plosokandang)

ENGGAR GUMILAR ING JAGAD, 12101183098 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KONSUMEN SHOPEE (E-COMMERCE) YANG MENERIMA PRODUK BERBEDA DENGAN PRODUK YANG DIDESKRIPSIKAN (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Ikan Kios Di Desa Plosokandang). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Enggar Gumilaring Jagad, 12101183098, Perlindungan Konsumen Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Konsumen Shopee Yang Menerima Produk Berbeda Dengan Yang Dideskripsikan (Studi Kasus pada Toko Ikan Kios di Desa Plosokandang), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Abd. Khair Wattimena M.H.I. Kata kunci: E-commerce shopee, perlindungan hukum, etika bisnis islam. Kepuasan konsumen sudah sepantasnya didapatkan oleh konsumen itu sendiri tidak terkecuali transaksi pada jual beli online e- commerce Shopee. Dalam perspektif hukum positif dan hukum Islam harus dapat memberikan maksud dan paparan fitur yang berguna dan tidak menyalahi aturan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui (1) Bagaimana konsumen Shopee yang menerima produk berbeda dengan produk yang dideskripsikan? (2) Bagaimana tinjauan hukum perlindungan konsumen dan etika bisnis islam bagi konsumen yang dirugikan pada E-commerce Shopee? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dengan para pengguna Shopee secara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi, sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembeli dapat menyelesaikan masalah dengan cara mediasi dengan pihak toko melalui Shopee sebagai penengah. Pengguna Shopee dapat mengajukan pengembalian barang jika barang yang diterima tidak sesuai pesanan. Adapun cara pengembalian barang yang tidak sesuai di Shopee yang pertama adalah membuka aplikasi Shopee, pilih menu “dikirim”, pilih barang yang akan dikembalikan, kirimkan bukti dan deskripsi barang yang akan dikembalikan, lalu konsumen melakukan pengembalian barang (2) Tinjauan hukum perlindungan konsumen dan etika bisnis islam bagi konsumen yang dirugikan pada E-commerce Shopee, berdasarkan Pasal 19 ayat 1 UU Perlindungan Konsumen, Pelaku usaha bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, atau kerugian yang diderita konsumen akibat mengonsumsi barang/jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Dalam tinjauan Etika bisnis yang diterapkan oleh penjual dalam melakukan transaksi jual beli di marketplace shopee dengan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang diterapkan dalam transaksi jual beli di marketplace shopee sudah sejalan dengan etika bisnis Islam. Pelaku jual beli sudah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yaitu: Kesatuan, Keseimbangan, kehendak Bebas, Pertanggung Jawaban, kebenaran; Kebajikan dan kejujuran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101183098 Enggar Gumilar Ing Jagad
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:54
Last Modified: 05 Jul 2023 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36963

Actions (login required)

View Item View Item