UPAYA GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH SISWA KELAS VIII DI MTsN 3 NGANJUK

BESARI ARKAN AMRULLAH, 12209193044 (2023) UPAYA GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH SISWA KELAS VIII DI MTsN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Nganjuk” ini ditulis oleh Besari Arkan Amrullah, NIM. 12209193044. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dita Hendriani,. MA, NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: Upaya Guru, Pemahaman Materi, Flipped Classroom Upaya guru merupakan tindakan yang dilaksanakan oleh seseorang guru guna mencapai sesuatu tujuan yang sudah ditentukan. Sedangkan pemahaman suatu materi merupakan kemampuan untuk mengungkapkan dan menafsirkan, untuk membuat kata-kata sulit dengan kata-kata sendiri, untuk menafsirkan ide atau menemukan suatu peristiwa atau hasil. Model pembelajaran flipped classroom adalah suatu model atau metode standar yang meminimalkan instruksi langsung dari guru. Dalam program tersebut, siswa belajar konsep dasar di rumah, mengajar dan belajar di kelas, termasuk pekerjaan rumah, diskusi materi, atau pemecahan masalah selama kelas. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran flipped classroom siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk, (2) apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran flipped classroom siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk, (3) bagaimana respon siswa sebagai penerima materi mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran flipped classroom siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendefinisikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah menggunakan model flipped classroom siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk, (2) untuk mendefenisikan hambatan apa yang dialami guru dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran flipped classroom siswa kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk, (3) untuk mendefenisikan respon siswa sebagai penerima materi mata pelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran flipped classroom siswa Kelas VIII di MTsN 3 Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis menggunakan analisis sebelum dilapangan, analisis data dilapangan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya guru dalam meningkatkan pemahaman materi siswa dalam mata pelajaran sejarah salah satunya adalah memberikan apersepsi kepada siswa sebelum melakukan pembelajaran, (2) hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan pemahaman materi mata pelajaran sejarah menggunakan model flipped classroom adalah guru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat media pembelajaran dan guru harus mempersiapkan LCD saat melakukan pembelajaran menggunakan model flipped classroom, namun dalam hal ini terkadang guru mengalami kendala jika terjadi pemadaman listrik, (3) respon siswa sebagai penerima materi dalam pembelajaran menggunakan model flipped classroom sangat antusias, siswa juga sangat aktif dan banyak memberikan pertanyaan maupun tanggapan kepada teman yang sedang melakukan presentasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: Besari Arkan
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:07
Last Modified: 05 Jul 2023 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37042

Actions (login required)

View Item View Item