STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

WANDA NUR AFI FAHANA, 12205193166 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Wanda Nur Afi Fahana, NIM.12205193166,Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci :Strategi Guru, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi olehadanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siswa di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar terutama dalam gaya belajar yang diterapkan siswa.Makasangatlah penting bagi guru untukmengetahui perbedaan gaya belajar siswa.Denganmengetahuigaya belajar setiap siswa, maka guru dapat memberikan strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswasehingga pembelajaran akan lebih efektif dan menjadikan tercapainya prestasi belajar yang optimal. Fokuspenelitian dalam penelitianini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar visual di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar auditori di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? (3)Bagaimana strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar kinestetik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, redukasi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar visual adalah dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar-gambar atau tulisan sesuai dengan materi yang dipelajari, menuliskan materi secara rinci di papan tulis, menampilkan video terkait materi pembelajaran dengan menggunakan LCD proyektor. (2) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar auditori adalah dengan menggunakan metode ceramah dan juga metode kelompok untuk berdiskusi dengan kelompoknya, guru juga memutarkan audio terkait dengan materi pembelajaran. (3) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar kinestetik adalahdengan mengajak siswa melakukan praktik atau belajar di luar kelas, memerankan adegan tertentu dari buku atau materi yang sedang dipelajari.Guru juga memberi ice breaking di sela-sela pembelajaran. .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193166 WANDA NUR AFI FAHANA
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:22
Last Modified: 05 Jul 2023 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37072

Actions (login required)

View Item View Item