EKSPLORASI KONSEP FISIKA PADA TARI REYOG KENDANG DI SANGGAR DHODHOG SADJIWO DJATI SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

FAYDATUS AVIDDAH, 12211193100 (2023) EKSPLORASI KONSEP FISIKA PADA TARI REYOG KENDANG DI SANGGAR DHODHOG SADJIWO DJATI SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Eksplorasi Konsep Fisika pada Tari Reyog Kendang di Sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati sebagai Media Belajar dalam Pembelajaran Fisika” ini ditulis oleh Faydatus Aviddah NIM. 12211193100, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Konsep Fisika, Tari Reyog Kendang, Budaya Lokal, Media Pembelajaran Pembelajaran fisika di sekolah yang lebih berfokus pada aspek berhitung dan rumus, sedikit penekanan pada konsep dan media yang digunakan oleh guru tidak melibatkan aspek eksplorasi fisika pada bidang muatan budaya lokal daerah dapat membuat peserta didik kurang berminat dengan pelajaran fisika dan pembelajaran menjadi kurang bermakna sehingga peserta didik menganggap mata pelajaran fisika itu sulit. Untuk itu diperlukan alternatif pembelajaran secara kontekstual dengan mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi lingkungan sekitar dalam hal ini budaya lokal. Salah satu kebudayaan Kabupaten Tulungagung yang dirasa dapat diintegrasikan dalam pembelajaran fisika dengan menjadikan sebagai media belajar adalah tari Reyog Kendang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep-konsep fisika pada tari Reyog Kendang di Sanggar Dhodhog Sadjiwo Djati. (2) mendeskripsikan etnofisika pada kesenian tari Reyog Kendang dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer berupa hasil observasi dan wawancara serta sumber data sekunder berupa studi literatur dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Peneliti mengecek keabsahan data dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan perpanjang pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep fisika yang ditemukan pada aktivitas tari Reyog Kendang berupa konsep bunyi, gerak lurus beraturan (glb), kesetimbangan, momen gaya/torsi, dan osilasi. (2) tari Reyog Kendang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran fisika dengan menjadikan sebagai media pembelajaran berupa media eksperimen, bahan ajar, dan media demonstrasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Pendidikan > Media Pembelajaran
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193100 Faydatus Aviddah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:00
Last Modified: 06 Jul 2023 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37085

Actions (login required)

View Item View Item