PENGARUH INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL DAN SIKAP TASAMUH MAHASISWA (Study Explanatory Mixed Method di Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

VINA FAUZIATUN NISA', 128506203032 (2022) PENGARUH INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL DAN SIKAP TASAMUH MAHASISWA (Study Explanatory Mixed Method di Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Terhadap Kecerdasan Spiritual dan Sikap Toleran Mahasantri (Study Explannatory Mixed Method di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)”, ini ditulis oleh Vina Fauziatun Nisa’, NIM 128506203032. Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd, dan Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Kecerdasan Spiritual, Sikap Toleran Ma’had Al-Jami’ah adalah salah lembaga yang berada di bawah naungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang bersinergi dengan visi dan misi dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kegiatan pendidikan di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung baik kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler diarahkan pada pemberdayaan potensi dan keagamaan mahasiswa untuk mencapai target profil lulusan yang memiliki ciri-ciri ilmu pengetahuan yang luas, berakhlakul karimah, berbudaya, dan berjiwa Islam rahmatan lil ‘alamin. Strategi yang digunakan dalam proses pendidikan diorientasikan pada kegiatan yang bersifat membangun sistem pendidikan yang mampu melahirkan pemikiran yang kritis, kreatif, dan inovatif; memperkokoh landasan pengembangan ilmu untuk transformasi sosial budaya; menjadikan kampus sebagai pengembangan moralitas individu dan publik; membangun kapasitas lembagai sebagai basis pengembangan capacity and character building; menguatkan posisi kampus sebagai pengembang masyarakat yang berbasis nilai toleransi dan moderasi; membentuk masyarakat kampus sebagai agen perubahan sosial. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh nilai-nilai moderasi beragama terhadap kecerdaan spiritual mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh nilai-nilai moderasi beragama terhadap sikap toleransi mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ? (3) Adakah pengaruh nilai-nilai moderasi beragama terhadap kecerdasan spiritual dan sikap toleransi mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ? (4) Bagaimana pengaruh nilai-nilai moderasi beragama terhadap kecerdasan Spiritual mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ? (5) Bagaimana pengaruh nilai-nilai moderasi beragama terhadap sikap toleransi mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ?. Metode penelitian yang digunakan adalah explanantory mixed method (Kuantitatif - Kualitatif) yaitu penelitian gabungan yang diawali dari penelitian kuantitatif dan dilanjutkan penelitian kualitatif. Pada tahap akhir, temuan dari kedua penelitian akan digabung untuk dianalisis secara simultan, diinterpretasi, dan dilakukan pembahasan. Populasi berjumlah 400 mahasantri. Teknik sampling yang digunakan yaitu simpple random sampling, dan diperoleh sampel 200 mahasantri. Variabel bebas: nilai-nilai moderasi beragama. Variabel terikat: kecerdasan spiritual dan sikap toleran. Sumber data: kuantitatif menggunakan angket dan dokumentasi, kualitatif menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, homogenitas dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 22.0. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari nilai-nilai moderasi beragama terhadap kecerdasan spiritual yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0.001 < 0.05. R Squared sebesar 0,227 = 22,7 %. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai-nilai moderasi beragama terhadap kecerdasan spiritual sebesar 22,7%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari nilai-nilai moderasi beragama terhadap sikap toleran yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0.000 < 0.05. R Squared sebesar 0,249 = 24,9 %. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai-nilai moderasi beragama terhadap sikap toleran sebesar 24,9%. (3) Berdasarkan penyajian dan analisis data dengan melakukan uji hitung dan uji prasyarat hipotesis, maka dapat diteruskan pada perhitungan uji Manova. Pada uji Manova akan dilakukan perhitungan untuk mengetahui pengaruh X (nilai-nilai moderasi beragama) terhadap Y (kecerdasan spiritual dan sikap toleran). Hasil uji Manova diperoleh Sig. pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara nilai-nilai moderasi beragama (X) terhadap kecerdasan spiritual dan sikap toleransi (Y), maka analisis H0 ditolak dan H1 diterima. (4) Melalui berbagai pemaparan diatas peneliti memahami bahwa nilai-nilai moderasi beragama dapat mempengaruhi kecerdasan spiritual seseorang dengan melihat indikator sebagai berikut: Mampu mengenali dirinya sehingga mahasantri mengetahui arah dan tujuan mereka masuk ma’had, Mahasantri ma’had Al-Jami’ah mampu hidup bersosial dengan sesama mahasantri, musyrifah, serta para asatid yang mengajar di ma’had, Yakin tiap kesulitan pasti ada kemudahan, meyakini bahwa usaha yang dilakukan mahasantri ketika di ma’had akan membawa kemudahan di kemudian hari, Mendekatkan diri kepada Allah bisa dilakukan dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, Rasa kasih sayang kepada sesama mahasantri, Menghargai keragaman dengan menghormati keragaman budaya serta aliran keagamaan mahasantri dengan tidak menghakimi mereka yang tidak sepaham dan merasa paling benar. (5) Nilai-nilai moderasi beragama juga mempengaruhi sikap toleran mahasantri jika dilihat melalui indikator sebagai berikut: Mahasantri menerima perbedaan dan hidup rukun dan tidak ada perselisihan yang besar diantara sesama mahasantri dalam ranah agama dan aqidah, Menghargai kebebasan mahasantri lain untuk menjalankan kehidupan berdasarkan keyakinan masing-masing, Kesediaan bersabar terhadap keyakinan dan moral mahasantri lain yang berbeda dan tidak mengekang mereka yang dianggap berbeda sehingga tidak adanya perselisihan, Mampu bekerja sama dan dengan teman-teman mahasantri lain tanpa harus melihat dari mana asal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163450 Vina Fauziatun Nisa'
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:27
Last Modified: 06 Jul 2023 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37179

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item