IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BENDA KONKRET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

LILIK NUR INDAH SARI, 12205193220 (2023) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN BENDA KONKRET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penerapan model CTL berbantuan benda konkret pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin. Model CTL dan benda konkret sama-sama melibatkan hal-hal nyata ke dalam pembelajarannya. Konsep Matematika yang abstrak menjadi mudah dipahami ketika dalam pelaksanaannya menggunakan model CTL dan benda konkret. Sehingga siswa tidak akan kesulitan dalam mempelajari Matematika, yang biasanya hanya membayangkan dan mengira-ngira, tetapi dengan model CTL dan benda konkret siswa akan dapat melihat bahkan menyentuh secara langsung apa yang mereka pelajari. Selain dimudahkan dalam hal itu, siswa juga akan terlatih kemampuan berpikir tingkat tingginya. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin? (2) Bagaimana proses pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan perencanaan model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin (2) Untuk menjelaskan proses pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin (3) Untuk menjelaskan evaluasi pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif pasca lapangan milik teori Miles dan Huberman. Teknik pengecekan keabsahan data adalah memperpanjang observasi dan keterlibatan peneliti di lapangan, melakukan triangulasi metode, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, serta membercheck atau melacak kesesuaian dan kelengkapan hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan model Contextual Teaching and Learning berbantuan benda konkret pada mata pelajaran Matematika di MI Darul Muta’allimin dilakukan dengan 2 tahapan, yakni membuat RPP dan menentukan media. RPP dibuat setiap awal semester dan menjelang pelaksanaan pembelajaran (jika memang dirasa terdapat RPP yang tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini), sedangkan penentuan media didasarkan pada beberapa kriteria seperti kesesuaian dengan materi, tingkat kepraktisan, keamanan, dan kemudahan dalam menemukan. Pada implementasinya media yang digunakan adalah benda konkret yang dianggap paling mudah ditemukan di lingkungan sekitar siswa, selain itu benda konkret dan model CTL sama-sama berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga akan mempermudah siswa dalam memahami materi dan melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi mereka. (2) Proses pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret yang dilaksanakan di MI Darul Muta’allimin memuat 7 komponen penting model CTL, dan juga sudah sesuai sintaks model CTL, walaupun terdapat beberapa tahap yang masih belum runtut. Kendala yang dialami guru ketika menerapkan model CTL juga ada, seperti adanya siswa yang belum kunjung memahami materi, belum mahir dalam berhitung, media yang digunakan copot, dan adanya siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran model CTL berbantuan benda konkret yaitu meningkatkan hasil belajar Matematika dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, siswa terlatih memecahkan masalah, siswa antusias dan aktif bertanya juga merespon, serta memudahkan siswa dalam memahami materi sebab dapat menyentuh dan mengamati apa yang mereka pelajari secara langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193220 Lilik Nur Indah Sari
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:56
Last Modified: 10 Jul 2023 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37189

Actions (login required)

View Item View Item