IMPLEMENTASI METODE JAMA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT TULUNGAGUNG

EVAWANI SA'ADAH, 12201193205 (2023) IMPLEMENTASI METODE JAMA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Sa’adah, Evawani. 2023. Implementasi Metode Jama’ dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ahmad Natsir, M.Pd.I. Menghafal Al-Qur’an adalah program yang saat ini banyak diterapkan di lembaga pendidikan, salah satunya di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung. Madrasah tersebut mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang unggul dalam kemampuan menghafal sesuai makhraj dan tajwid yang benar. Selain itu, MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung juga mampu mengatasi masalah yang dihadapi penghafal Al-Qur’an seperti kurangnya minat dalam menghafal, kurangnya waktu untuk mengulang hafalan, serta metode yang tepat untuk membimbing proses menghafal AlQur’an. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? (2) bagaimana evaluasi dari metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? (3) bagaimana hasil dari implementasi metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai instrumen kunci dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung (a) dilaksanakan di kelas dibimbing oleh satu ustaz per kelas, (b) ustaz mencontohkan bacaan ayat yang akan dihafalkan, peserta didik menirukan secara bersama-sama dengan membuka mushaf, )c) peserta didik ditunjuk satu per satu, )d) peserta didik menutup mushaf kemudian mengikuti bacaan ustaz secara bersama-sama sampai hafal, ) e) muraja’ah setiap pagi, setelah sholat dhuha dan sholat dhuhur, (2) evaluasi dari metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung dilaksanakan setiap pertengahan semester dan akhir semester untuk mengukur kemampuan yang dicapai peserta didik, (3) hasil dari implementasi metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung (a) bagi madrasah: mengatasi masalah yang dialami peserta didik, menghasilkan output generasi Qur'ani, )b) bagi peserta didik: meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, efektif membantu memudahkan menghafal Al- Qur’an, menumbuhkan semangat dan menghilangkan kejenuhan menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci: Implementasi, Metode Jama’, Kemampuan Menghafal, Tahfidz Al-Qur’an

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193205 EVAWANI SA'ADAH
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:57
Last Modified: 06 Jul 2023 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item View Item