EVAWANI SA'ADAH, 12201193205 (2023) IMPLEMENTASI METODE JAMA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Sa’adah, Evawani. 2023. Implementasi Metode Jama’ dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ahmad Natsir, M.Pd.I. Menghafal Al-Qur’an adalah program yang saat ini banyak diterapkan di lembaga pendidikan, salah satunya di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung. Madrasah tersebut mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang unggul dalam kemampuan menghafal sesuai makhraj dan tajwid yang benar. Selain itu, MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung juga mampu mengatasi masalah yang dihadapi penghafal Al-Qur’an seperti kurangnya minat dalam menghafal, kurangnya waktu untuk mengulang hafalan, serta metode yang tepat untuk membimbing proses menghafal AlQur’an. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? (2) bagaimana evaluasi dari metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? (3) bagaimana hasil dari implementasi metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung? Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai instrumen kunci dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung (a) dilaksanakan di kelas dibimbing oleh satu ustaz per kelas, (b) ustaz mencontohkan bacaan ayat yang akan dihafalkan, peserta didik menirukan secara bersama-sama dengan membuka mushaf, )c) peserta didik ditunjuk satu per satu, )d) peserta didik menutup mushaf kemudian mengikuti bacaan ustaz secara bersama-sama sampai hafal, ) e) muraja’ah setiap pagi, setelah sholat dhuha dan sholat dhuhur, (2) evaluasi dari metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung dilaksanakan setiap pertengahan semester dan akhir semester untuk mengukur kemampuan yang dicapai peserta didik, (3) hasil dari implementasi metode jama’ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTs Abdul Qadir Ngunut Tulungagung (a) bagi madrasah: mengatasi masalah yang dialami peserta didik, menghasilkan output generasi Qur'ani, )b) bagi peserta didik: meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, efektif membantu memudahkan menghafal Al- Qur’an, menumbuhkan semangat dan menghilangkan kejenuhan menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci: Implementasi, Metode Jama’, Kemampuan Menghafal, Tahfidz Al-Qur’an
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193205 EVAWANI SA'ADAH |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37212 |
Actions (login required)
View Item |