KECEMASAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN CONINCON (Constructivism, Integratif And Contextual) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN ARITMATIKA PADA SISWA SMP AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG

YAN AZMI ARRIZANUR, 128512203041 (2023) KECEMASAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN CONINCON (Constructivism, Integratif And Contextual) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN ARITMATIKA PADA SISWA SMP AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Kecemasan Matematis Pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Aritmatika Pada Siswa SMP Al Fattahiyyah Tulungagung” ditulis oleh Yan Azmi Arrizanur, NIM. 128512203041, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. dan Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Kecemasan Matematis, Pembelajaran CONINCON (Constructivism,integratif dan contextual), Baris Aritmetika. Semua masalah yang sudah di bahas, peneliti melihat adanya persoalan terkait kecemasan matematis pada siswa, yang muncul pada pembelajaran CONINCON (Constructivism, integratif dan contextual). Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh untuk mengetahui kecemasan matematis, perbedaan kecemasan matematis serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penyebab terjadinya kecemasan matematis. Dalam pembelajaran CONINCON (Constructivism, integratif dan contextual) Siswa dituntut untuk mampu mengkonstruk pengetahuan baru dari pengetahuan yang sudah dimiliki serta dapat mengkoneksikan matematika dengan bidang lain selain matematika dan juga mengaitkan pengetahuan matematika pada kehidupan nyata ataupun sehari-hari. Dari penjelasan dalam konteks penelitian, peneliti tertarik dengan judul “Kecemasan matematis pada pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif And Contextual) dalam Menyelesaikan masalah barisan aritmatika”. Tujuan peneliti ingin mendeskripsikan kecemasan matematis, perbedaan kecemasan matematis dan factor penyebab kecemasan matematis siswa pada pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif And Contextual) dalam menyelesaikan masalah barisan aritmatika di SMP AL Fattahiyah Tulungagung. Pada peneitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah bagian metodologi ilmiah yang mempunyai tujuan untuk menghadirkan dan memaparkan suatu kasus tersebut secara mendalam. Pada Kesempatan kali ini penelitian dalam memperoleh data yang maksimal dipelukan pengmatan dan penganalisaan yang mendalam untuk menganalisis “Kecemasan Matematis Dalam Pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif And Contextual) Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Aritmatika Pada Siswa SMP Al Fattahiyyah tulungagung”. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Siswa kelas VIII A SMP Al Fattahiyyah terdapat siswa yang mengalami macam kecemasan realistis, moral, dan neurotis dalam menyelesaikan soal baris aritmetika. ini rata-rata mereka mengalami macam kecemasan realistis dilihat dari gejala-gejala yang mereka alami seperti, melamun, garuk-garuk kepala, meletakkan kepala di meja, menggerakkan kaki, meletakkan kepala di meja, bermain benda yang ada di sekitarnya. Pada kelas VIII A SMP Al Fattahiyyah diketahui bahwa rata-rata dari skor yang diperoleh siswa cukup mengalami perbadaan yang tidak signifikan, yang berarti rata-rata kecemasan siswa dalam mengerjakan soal baris aritmetika dalam kategori ringan. Pada kelas VIII A SMP Al Fattahiyyah diketahui bahwa faktor adanya kecemasan matematika yaitu metode atau cara yang digunakan guru dalam menyampaikan xviii materi. kecemasan matematis merupakan salah satu faktor yang memiliki hubungan negatif dengan prestasi belajar siswa. Dan peneliti juga menemukan bahwa siswa yang memiliki tingkat kecemasan matematis yang tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang rendah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kecemasan matematis berkorelasi negatif dengan kinerja matematika.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: Magister 128512203041 Yan Azmi Arrizanur
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:21
Last Modified: 11 Jul 2023 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37442

Actions (login required)

View Item View Item