ALFI 'INAYATUL FIRDAUS, 128512203006 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING KELAS XI SMKN 2 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (847kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (427kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau Self Regulated Learning Siswa Kelas XI SMKN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi ‘Inayatul Firdaus, NIM. 128512203006, pembimbing I Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si dan pembimbing II Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci: Berpikir Komputasional, Self Regulated Learning, Pemecahan Masalah Trigonometri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir komputasional yang berbeda-beda. Kemampuan berpikir komputasional merupakan kemampuan berpikir yang mendukung solusi pemecahan masalah. Komponen berpikir komputasional diantaranya yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan perancangan algoritma Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa dengan Self Regulated learning tinggi dalam memecahkan masalah trigonometri, 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa dengan Self Regulated learning sedang dalam memecahkan masalah trigonometri, 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa dengan Self Regulated learning rendah dalam memecahkan masalah trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Tulungagung yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI TKRO 3 yang berjumlah 32 siswa. Dari 32 siswa akan dipilih 6 siswa sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tingkat Self Regulated learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa dengan Self Regulated learning tinggi dapat memenuhi 3-4 indikator kemampuan berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah trigonometri, 2) siswa dengan Self Regulated learning sedang dapat memenuhi 2-3 indikator kemampuan berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah terigonometri, 3) dan siswa dengan Self Regulated learning rendah dapat memenuhi 0-1 indikator kemampuan berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah terigonometri.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 128512203006 Alfi 'Inayatul Firdaus |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 04:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37645 |
Available Versions of this Item
-
KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING KELAS XI SMKN 2 TULUNGAGUNG. (deposited UNSPECIFIED)
- KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING KELAS XI SMKN 2 TULUNGAGUNG. (deposited 20 Jul 2023 04:26) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |