تأثير مشاهدة النسخة العربية من فيديو الرسوم المتحركة لأوبين إبين ( UPIN IPIN) البستنة باللغة العربية على مهارة الإستماع لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ جونبانج للعام الدراسي ٢٠٢٢/٢٠٢٣.

MU'THIYATUR ROBI'AH, 12202193009 (2023) تأثير مشاهدة النسخة العربية من فيديو الرسوم المتحركة لأوبين إبين ( UPIN IPIN) البستنة باللغة العربية على مهارة الإستماع لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ جونبانج للعام الدراسي ٢٠٢٢/٢٠٢٣. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Menonton Video Kartun Upin Ipin Versi Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Maharah Istima’ Siswa Kelas 11 Man 2 Jombang Tahun Ajaran 2022/2023'' ini ditulis oleh Mu’thiyatur Robi’ah, nim 12202193009 , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof, Dr, Sokip, M.Pd.I Kata Kunci : Pengaruh, Menonton Video Animasi Upin Ipin, Kemampuan Maharah Istima’ . Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan monoton hanya menggunakan media konvensional. Hal ini berdampak pada rendahnya ketertarikan mereka dalam belajar Bahasa Arab. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi dalam pembelajaran khususnya pada penggunaan media untuk menumbuhkan minat peserta didik sehingga mampu meningkatkan kemampuan maharah istima’ Bahasa Arab mereka. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah menonton video animasi upin ipin versi arab berpengaruh dalam pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan maharah istima’ siswa kelas 10 man 2 jombang? 2) Seberapa jauh pengaruh menonton video animasi upin ipin versi arab (berkebun) dalam pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan maharah istima’ siswa kelas 11 man 2 jombang? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendektan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian one groub pretest posttest design. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, tes,angket dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya di sekolah. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian atau pemhaman siswa terhadap meteri pembelajaran yang akan diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini, adapun informasi data tersebut, antara lain profil sekolah, data jumlah peserta didik, data nama-nama peserta didik, nama-nama staf serta guru dan pengerjaan soal atau test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan menonton video kartun upin ipin versi arab (berkebun) berpengaruh dalam pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan maharah istima’ siswa kelas 10 MAN 2 jombang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2 taild) adalah 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Seberapa jauh pengaruh menonton video kartun upin ipin versi arab (berkebun) berpengaruh dalam pembelajaran bahasa arab terhadap kemampuan maharah istima’ siswa dibuktikan Berdasarkan uji n-gains pada kelas ekperimen memiliki nilai minimum sebesar 36,36%, dan maksimum 100%. rata-rata Ngains pada kelas ekperimen sebesar 60,14% termasuk katagori cukup efektif. Sementara N-gains pada kelas kontrol memiliki nilai minimum sebesar 0%, dan maksimum 30%. rata-rata N-gains pada kelas kontrol sebesar 15,41% termasuk dalam katagori tidak efektif. Artinya dalam penelitian ini kelas kontrol berupa perlakuan dengan media pembelajaran konvisional tidak efektif di terapkan di MAN 2 Jombang. Sedangkan pada kelas eksperimen berupa perlakuan media pembelajaran media animasi cukup efektif untuk diterapkan di MAN 2 Jombang

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193009 Muthiyatur robiah
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:03
Last Modified: 20 Jul 2023 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37683

Actions (login required)

View Item View Item