KUALITAS PEMBIAYAAN DALAM MENCEGAH KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO BERMASALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG SUDIRMAN

ALVINA ELYSA DAMAYANTI, 12401193125 (2023) KUALITAS PEMBIAYAAN DALAM MENCEGAH KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO BERMASALAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG SUDIRMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kualitas Pembiayaan dalam Mencegah Kredit Usaha Rakyat Mikro Bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman” ini ditulis oleh Alvina Elysa Damayanti, NIM. 12401193125, progam studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, pembimbing Prof. Dr. Agus Eko Sujianto, S.E., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kualitas pembiayaan dalam sebelum memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro kepada calon nasabah. Untuk menilai kualitas pembiayaan dapat dilakukan dengan menilai prospek usaha, menilai kinerja nasabahnya, dan menilai kemampuan membayar. Kualitas pembiayaan di Bank Syariah sangat menarik untuk di teliti, karena untuk mengetahui bagaimana penerapan kualitas pembiayaan dalam mencegah Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman. Penelitian ini mengangkat permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana Penilaian Prospek Usaha dalam Mencegah Kredit Mikro Bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman, 2) Bagaimana Penilaian Kinerja Nasabah dalam Mencegah KUR Mikro Bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman, 3) Bagaimana Penilaian Kemampuan Membayar dalam Mencegah KUR Mikro Bermasalah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman. Jenis pendekatan menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya adalah data primer. Data primer yang terdiri orang dan tempat. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penilaian prospek usaha dapat dinilai tujuan dari nasabah dalam mengajukan KUR mikro digunakan untuk modal usaha atau melainkan hanya kebutuhan konsumtif, kemudian menilai peluang usaha yang dijalankan oleh nasabah. 2) Penilaian kinerja nasabah dapat dinilai dari karakter nasabah dan modal yang dimiliki nasabah untuk usaha yang akan dijalankan. Serta pencapaian usaha dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. 3) Penilaian kemampuan membayar dapat dinilai dari kemampuan nasabah untuk menjalankan usahanya, guna memperoleh laba sehingga dapat mengembalikan dana yang dipinjaminya, serta menilai kondisi keuangan dari calon nasabah yang akan mengajukan pembiayaan KUR mikro tersebut. Kata Kunci: Kualitas Pembiayaan, Kredit Usaha Rakyat Mikro Bermasalah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401193125 ALVINA ELYSA DAMAYANTI
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:04
Last Modified: 22 Jul 2023 06:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37692

Actions (login required)

View Item View Item