ATIKOTUL MAFRUCHAH, 12210193062 (2023) EKSISTENSI TOKOH UTAMA PEREMPUAN PADA NOVEL NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Atikotul, Mafruchah. 2023 Eksistensi Tokoh Utama Perempuan pada Novel Nadira Karya Leila S. Chudori dan Relevansinya sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Eksistensi, Feminisme, Novel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus KDRT yang dialami oleh perempuan. Hal tersebut terjadi karena banyak perempuan yang tidak berani memperjuangkan haknya sebagai seorang perempuan. Tidak hanya itu, banyak perempuan yang hanya menggantungkan hidupnya pada laki-laki. Kuatnya budaya patriarki yang ada di Indonesia menjadi salah satu alasan kurang adanya kesetaraan gender terhadap pola pikir masyarakat sampai dengan pola pendidikan di sekolahan. Hal tersebuat dapat dilihat dari angka kelulusan, pemilihan jurusan, program studi, serta kemungkinan akses pekerjaan setelah tamat sekolah yang mencerminkan seberapa tinggi kesadaran masyarakat mengenai kesetaraan gender. Hal itulah yang mendasari banyak pengarang yang menulis novel terkait kesetaraan gender sebagai bentuk penyuaraan atas ketidak adilan gender yang di alami perempuan. Novel Nadira merupakan salah satu novel yang berisi pesan tentang kesetaraan gender dan nilai pendidikan karakter yang disajikan dalam karakter tokoh utama perempuan Nadira. Melalui tokoh Nadira siswa dapat mempelajari karakter tokoh utama perempuan yang memiliki daya juang hidup sebagai seorang perempuan yang luar biasa dan pantang menyerah yang dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan eksistensi perempuan berdasarkan feminisme eksistensial Simone De Beauvoir pada novel Nadira karya Leila S. Chudori, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter tokoh utama berdasarkan eksistensi perempuan pada novel Nadira karya Leila S. Chudori, 3) mendeskripsikan relevansi novel Nadira karya Leila S.Chudori berdasarkan eksistensi perempuan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu studi pustaka dan dokumentasi. Data yang ada dalam penelitian ini merupakan data verbal yang berupa penggalan-penggalan kalimat yang berisi tentang feminisme eksistensial Simone De Beauvoir yang dapat dijadikan sebagai nilai pendidikan karakter dalam novel Nadira yang terdiri dari dialog, monolog, dan narasi. Hasil penelitian ini yaitu dalam novel Nadira ditemukan bahwa eksistensi perempuan dapat diwujudkan melalui tiga bidang yaitu, (1) bidang pendidikan, eksistensinya ditandai dengan perempuan mempunyai rasa keingin tahuan yang tinggi dengan banyak membaca buku dan cerdas dalam hal pendidikan, (2) bidang ekonomi, eksistensinya ditandai dengan perempuan yang dapat bekerja keras dengan bekerja di banyak tempat, mandiri, sabar, dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, (3) bidang sosial, eksistensinya ditandai dengan perempuan yang peduli terhadap sesama, pantang menyerah, sabar dan penyayang terhadap orang yang ada di sekitarnya. Eksistensi perempuan pada novel Nadira karya Leila S. Chudori memiliki hasil yang relevan sebagai bahan ajar di SMA kelas XII semester genap. Hal tersebut dikarenakan kesimpulan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial dapat berkaitan dengan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Novel Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Bahasa Dan Sastra > Sastra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193062 ATIKOTUL MAFRUCHAH |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 07:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37718 |
Actions (login required)
View Item |