PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP OLEH GURU UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SOSIOLOGI DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR

AVINA MAIDA ANNABILA, 12209193004 (2023) PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP OLEH GURU UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SOSIOLOGI DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Peta Konsep oleh Guru untuk Menganalisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Avina Maida Annabila, NIM 12209193004, dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Peta Konsep, miskonsepsi, peserta didik, sosiologi. Kesulitan pemahaman materi sosiologi oleh peserta didik dapat menimbulkan miskonsepsi. Miskonsepsi pada suatu materi akan berpengaruh kepada pemahaman konsep materi yang dipelajari di kemudian hari. Mengatasi hal tersebut, guru memiliki peran penting pada proses pembelajaran. Guru dapat melakukan analisis miskonsepsi terlebih dahulu dengan menerapkan peta konsep. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi peta konsep oleh guru untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi soiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar, (2) Apa penyebab adanya miskonsepsi peserta didik pada materi sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar, (3) Bagaimana evaluasi hasil analisis miskonsepsi peserta didik menggunakan peta konsep dalam memahami materi sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi peta konsep oleh guru untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar, (2) Untuk mengetahui penyebab adanya miskonsepsi peserta didik pada materi sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar, (3) Untuk mengetahui evaluasi analisis miskonsepsi peserta didik menggunakan peta konsep dalam memahami materi sosiologi di MA Ma’arif Ponggok Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi pastisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara induktif dengan hasil sebagai berikut: (1) Penerapan dilaksanakan dengan guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), memberi arahan, membagikan kertas HVS kosong, kemudian memberi instruksi kepada peserta didik untuk membuat peta konsep sesuai kreativitas masing-masing. (2) Penyebab adanya miskonsepsi yaitu peserta didik kurang disiplin, kurang aktif, kurang tanggungjawab terhadap tugas, kurang antusias belajar, kurang minat baca, bahan ajar yang kurang layak, dan pemahaman awal materi yang kurang matang. (3) Evaluasi dilakukan dengan penilaian, analisis miskonsepsi, remedial, pengayaan, dan penjelasan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193004 AVINA MAIDA ANNABILA
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:54
Last Modified: 24 Jul 2023 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37839

Actions (login required)

View Item View Item