Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016

MUHAMMAD ALI RIDLO, 2814123117 (2016) Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER dalam.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
kartu bimbingan.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Surat selesai bimbingan skripsi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Muhammad Ali Ridlo, NIM. 2814123117. Dibimbing oleh Bapak Miswanto, M.Pd Kata Kunci : STAD, PBM, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Namun realita yang terjadi sekarang, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika salah satunya disebabkan karena penggunaan metode yang kurang tepat. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu didalam proses mengajar perlu memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan siswa. Inovasi tersebut adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk megetahui Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Aritmatika Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun ariabel bebas 1 (X1) dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dan eriabel bebas 2 (X2) dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A dan VII C di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan terhadap objek di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Metode tes digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2,021. Dengan demikian ttabel < thitung adalah 2,021 < 2,166388, sehingga menolah H0 dan menerima H1 yang artinya pembelajaran berbasis masalah dari pada pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil hasil belajar. (2) Adapun besar tingkat perbedaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung adalah sebesar %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123117 MUHAMMAD ALI RIDLO
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:16
Last Modified: 20 Dec 2016 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item