SEYLA WAN AZIZAH, 12201193218 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (915kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (508kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar” ditulis oleh Seyla Wan Azizah, NIM. 12201193218, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag, NIP. 196909182000031002. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kedisiplinan, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena menghafal Al-Qur’an dijadikan sebagai program unggulan setiap madrasah, salah satunya di MTsN 1 Blitar. Akan tetapi dalam pelaksanaanya, munculah permasalahan yang ada pada peserta didik dimana mereka memiliki persepsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, hal ini terlihat dari kurangnya keberanian dalam menyetorkan hafalan kepada guru. Sehingga peserta didik tidak konsisten terhadap jadwal hafalan yang telah ditentukan oleh pihak madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? (3) Adakah pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini adalah kuantitatif jenis expostfacto dengan populasi siswa kelas VII, VIII, IX di MTsN 1 Blitar sebanyak 123 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan tipe starified random sampling. Variabel bebas: lingkungan belajar dan kedisiplinan. Variabel terikat: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan data hasil hafalan. Teknis uji analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolionieritas, uji regresi linier berganda, uji T dan uji F dengan menggunakan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan T hitung > T tabel (4.297 > 1.986) dengan nilai signifikansi(0,000 < 0,05) maka Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan T hitung > T tabel (2.202 > 1.986) dengan Nilai signifikansi (0,030 < 0,05) maka Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan F hitung 22,351 > F tabel 3,095 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193219 DEVI AGUSTINA NOPITA SARI |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:39 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37903 |
Actions (login required)
View Item |