PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR

SEYLA WAN AZIZAH, 12201193218 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar” ditulis oleh Seyla Wan Azizah, NIM. 12201193218, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Asrop Syafi’i, M.Ag, NIP. 196909182000031002. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kedisiplinan, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena menghafal Al-Qur’an dijadikan sebagai program unggulan setiap madrasah, salah satunya di MTsN 1 Blitar. Akan tetapi dalam pelaksanaanya, munculah permasalahan yang ada pada peserta didik dimana mereka memiliki persepsi bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, hal ini terlihat dari kurangnya keberanian dalam menyetorkan hafalan kepada guru. Sehingga peserta didik tidak konsisten terhadap jadwal hafalan yang telah ditentukan oleh pihak madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? (3) Adakah pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar? Penelitian ini adalah kuantitatif jenis expostfacto dengan populasi siswa kelas VII, VIII, IX di MTsN 1 Blitar sebanyak 123 peserta didik. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan tipe starified random sampling. Variabel bebas: lingkungan belajar dan kedisiplinan. Variabel terikat: Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket dan data hasil hafalan. Teknis uji analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolionieritas, uji regresi linier berganda, uji T dan uji F dengan menggunakan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan T hitung > T tabel (4.297 > 1.986) dengan nilai signifikansi(0,000 < 0,05) maka Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan T hitung > T tabel (2.202 > 1.986) dengan Nilai signifikansi (0,030 < 0,05) maka Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar dengan F hitung 22,351 > F tabel 3,095 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik di MTsN 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193219 DEVI AGUSTINA NOPITA SARI
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:39
Last Modified: 25 Jul 2023 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37903

Actions (login required)

View Item View Item