ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG

IMELDA DASTANIA PRADANI, 12204193165 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Interpersonal dan Intrapersonal di SMK “Sore” Tulungagung” ditulis oleh Imelda Dastania Pradani, NIM. 12204193165, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Gaya Belajar Interpersonal, Gaya Belajar Intrapersonal, SPLDV Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang memengaruhinya yaitu gaya belajar siswa yang kurang tepat. Gaya belajar merupakan cara siswa untuk berkonsentrasi pada proses pembelajaran dan menguasai informasi yang sulit melalui persepsi yang berbeda-beda. Penelitian ini membahas gaya belajar interpersonal dan intrapersonal. Siswa dengan gaya belajar yang berbeda memiliki perbedaan dalam berpikir kreatif matematisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK “Sore” Tulungagung dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV ditinjau gaya belajar interpersonal. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK “Sore” Tulungagung dalam menyelesaikan soal open ended materi SPLDV ditinjau gaya belajar intrapersonal. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 2 siswa dengan gaya belajar interpersonal dan 2 siswa dengan gaya belajar intrapersonal. Pengumpulan data dilakukan dengan angket gaya belajar interpersonal dan intrapersonal, tes tulis soal open ended materi SPLDV, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar interpersonal hanya memenuhi tiga indikator berpikir kreatif, yaitu berpikir lancar (fluent thinking), berpikir luwes (flexible thinking), dan kemampuan elaborasi (elaboration ability). (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar intrapersonal mampu memenuhi keempat indikator berpikir kreatif, yaitu berpikir lancar (fluent thinking), berpikir luwes (flexible thinking), berpikir original (originality thinking), dan kemampuan elaborasi (elaboration ability).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 29 Aug 2023 15:00
Last Modified: 29 Aug 2023 15:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38345

Actions (login required)

View Item View Item