DIAN ATIKA, 12206193017 (2023) PENGARUH PERMAINAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI BANGUN DATAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul: “ Pengaruh Permainan Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Bangun Datar Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA Jombang ” ditulis oleh Dian Atika, NIM. 12206193017, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : permainan tangram, kemampuan geometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar anak usia 5-6 tahun. Hal ini dikarenakan kurang beragamnya kegiatan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran teacher center sehingga pembelajaran bersifat pasif dan membosankan. Sehingga peneliti menggunakan permainan tangram yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar anak, diantaranya kemampuan menyebutkan macam-macam bentuk geometri bangun datar, kemampuan menyebutkan ciri-ciri geometri bangun datar, dan kemampuan mencari benda sekitar yang berbentuk seperti geometri. Pada penelitian yang dilakukan oleh Aisyah Izza Hamida dan Choirun Nisak Aulina dengan judul “Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini”. Didapatkan hasil penelitian yang menyatakan penerapan media tangram berpengaruh terhadap kemampuan mengenal geometri anak. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui pengaruh permainan tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar pada anak usia 5-6 tahun. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B TK ABA Jombang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh kelompok B TK Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Man Whitney. Dari hasil analisis uji Man Whitney diperoleh hasil posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar anak dengan nilai Asymp. sig (2 tailed) 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan dari uji rumusan masalah diatas bahwa Ha di terima dan Ho ditolak, jadi terdapat pengaruh permainan tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar anak usia 5-6 tahun di TK ABA Jombang. Sedangkan hasil uji N Gain Score untuk kelompok eksperimen yaitu sebesar 73.03% termasuk dalam kategori cukup efektif dan score untuk kelompok kontrol sebesar 36. 734% termasuk dalam kategori renda atau tidak efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan tangram memiliki tingkat cukup efektif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri bangun datar anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika > Geometri Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:01 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38346 |
Actions (login required)
View Item |