STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI SDLB PGRI PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI

ELOK DWI LESTARI, 12205193108 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI PERILAKU ANAK HIPERAKTIF DI SDLB PGRI PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul "Strategi Guru Dalam Menghadapi Perilaku Anak Hiperaktif di SDLB PGRI Plosoklaten Kabupaten Kediri" ini ditulis oleh ELOK DWI LESTARI, NIM 12205193108,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Hj. Chusnul Chotimah,M.Ag Kata Kunci: Strategi, Anak Hiperaktif Anak Hiperaktif / Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan anak dengan gangguan pemusatan perhatian, hiperaktifitas, dan sering bertindak impulsif. Sehingga hal tersebut mempengaruhi kegiatan belajarnya dikelas Bahkan dari perilakunya tersebut juga dapat mengganggu orang lain sehingga dapat menyebabkan kesulitan pada anak untuk berinteraksi sosial. Oleh karena itu guru hendaknya mempunyai strategi yang tepat untuk mengatasi perilaku-perilaku anak hiperaktif baik dalam kegiatan maupun interaksi sosial anak. Penelitian ini bertujuan : 1)Mengetahui Strategi guru menghadapi perilaku anak hiperaktif dalam kegiatan belajarnya di SDLB PGRI Plosoklaten. 2)Mengetahui Strategi guru menghadapi perilaku anak hiperaktif dalam interaksi dengan teman sebaya dan orang disekitarnya di SDLB PGRI Plosoklaten. 3)Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan strategi menghadapi perilaku anak hiperaktif di SDLB PGRI Plosoklaten. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi dan naturalistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah - langkah kondensasi data, Tampilan data, Penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Credibility, Transferability, dependability, dan Confirmability. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi guru menghadapi perilaku anak hiperaktif dalam belajarnya menggunakan dua pendekatan yaitu yang pertama dengan pendekatan perilaku (ABA dan PRT), kedua menggunakan Play theraphy. (2) Strategi guru menghadapi perilaku anak hiperaktif dalam interaksi dengan teman sebaya dan orang disekitarnya menggunakan pendekatan play theraphy dan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebersamaan. (3) Faktor pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan Strategi. Faktor pendukung meliputi kerjasama semua guru dalam menangani anak ADHD, Fasilitas yang memadai, Adanya kemauan pada diri anak untuk belajar, suasana pembelajaran yang menyenangkan. Faktor penghambat: Lingkungan tempat tinggal anak kurang mendukung, Emosi anak Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang sering hilang kendali, Perilaku anak Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) tidak bisa tenang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Sekolah Inklusi
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Mahasiswa 12205193108 Elok Dwi Lestari
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:42
Last Modified: 10 Aug 2023 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38365

Actions (login required)

View Item View Item