STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA SAMARA CAKE DAN BAKERY

NOVI ARISTA, 12405193149 (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA SAMARA CAKE DAN BAKERY. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Samara Cake dan Bakery” ditulis oleh Novi Arista NIM. 12405193149, Dosen Pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Kue dan roti merupakan jenis pattiseri berbahan dasar tepung yang mudah dikonsumsi pada situasi dan kondisi apapun. Selain dapat dinikmati saat lapar, dapat dikonsumsi saat santai sebagai pilihan camilan. Bahkan sekarang roti menjadi makanan pokok pengganti nasi bagi sebagian orang. Adanya perkembanagn yang terjadi maka timbullah persaingan untuk meuaskan permintaan konsumen tersebut. Mulai dari bersaing dalam publikasi hingga membentuk brand image (citra merek). Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image melalui Whatsapp pada Samara Cake dan Bakery?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image pada Samara Cake dan Bakery? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumenasi. Sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dari observasi dan wawancara individu, dan data sekunder diperoleh dari sumber pustaka dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image melalui Whatsapp pada Samara Cake dan Bakery menggunakan enam bauran strategi komunikasi pemasaran. Enam bauran strategi pemasaran tersebut meliputi periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), dan pemasaran dari mulut kemulut (word of mouth). Periklanan (advertising), merupakan strategi promosi Samara Cake dan Bakery yang menggunakan fitur status Whatsapp dengan menginformasikan produk dan atau potongan harga. Promosi penjualan (sales promotion) Samara Cake dan Bakery juga menggunakan fitur status Whatsapp dengan menginformasikan produk dan atau potongan harga. Hubungan masyarakat (public relation), tidak terdapat kegiatan yang dapat dibagikan melalui Whatsapp Samara Cake dan Bakery. Penjualan personal (personal selling) pada Whatsapp juga tidak dilakukan. Pemasaran langsung (direct marketing) dilakukan melalui akun media sosial Whatsapp melalui fitur chat. Selain itu, peran pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) terbukti melalui unggahan pelanggan yang menyertakan toko Samara Cake dan Bakery dan ucapan terimakasih. (2) Faktor pendukung berasal dari kondisi lokasi usaha yang strategis dan lahan memadai, serta banyak pilihan menu dan pelayanan yang ramah. Sedangkan faktor penghambat berupa usia pemilik usaha, keterbatasan kemampuan pemilik usaha terhadap penguasaan media sosial, dan banyaknya pesaing. Kata kunci: Strategi komunikasi pemasaran, bauran strategi komunikasi pemasaran, promosi, media sosial, Whatsapp.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193149 NOVI ARISTA
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:26
Last Modified: 08 Aug 2023 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38403

Actions (login required)

View Item View Item