ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DI SMAN 1 CAMPURDARAT

JULIA NISA FAHIRA, 12211193088 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Gelombang Berjalan DI SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Julia Nisa Fahira, NIM. 12211193088, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Gelombang Berjalan Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa siswa kelas XI SMAN 1 Campurdarat. Siswa mengalami kesulitan saat memahami suatu materi ataupun menyelesaikan suatu permasalahan. Peyampaian materi masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik, sehingga siswa kurang bersemangat dan kurang tertarik untuk mempelajari materi yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi gelombang berjalan di SMAN 1 Campurdarat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu 2 siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, 2 siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang, dan 2 siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Siswa kemampuan berpikir kritis tinggi berada pada TBK 2 dan TBK 3, yaitu siswa dapat menjawab semua soal dengan 4-5 indikator berpikir kritis menurut Ennis, Siswa kemampuan berpikir kritis sedang berada pada TBK 1, yaitu siswa dapat menjawab semua soal dengan 2-3 indikator berpikir kritis menurut Ennis, dan Siswa kemampuan berpikir kritis rendah berada pada TBK 0 yaitu, jawaban siswa belum ada yang sesuai dengan indikator berpikir kritis menurut Ennis. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada materi gelombang berjalan di SMAN 1 Campurdarat memiliki rata-rata berkategori sedang berada pada TBK 1 yaitu siswa dapat menjawab semua soal dengan 2-3 indikator berpikir kritis menurut Ennis dengan interval kurva 41<X>81. Presentase kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori sedang adalah 52%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mahasiswa 12211193088 Julia Nisa Fahira
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:02
Last Modified: 10 Aug 2023 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38419

Actions (login required)

View Item View Item