PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TIPE POE (PREDICTION-OBSERVATION-EXPLANATION) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT

ERIKA ZHURA ENI, 12204193091 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TIPE POE (PREDICTION-OBSERVATION-EXPLANATION) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Tipe POE (Prediction-Observation-Explanation) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tahun Ajaran 2023/2024” ditulis oleh Erika Zhura Eni, NIM. 12204193091, Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes. Ph.D. Kata Kunci : Discovery Learning Tipe POE, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh kegiatan belajar mengajar di kelas yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah. Sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa membuat suasana belajar yang membosankan, sehingga siswa cenderung malas dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar adalah dengan model pembelajaran Discovery Learning Tipe POE sebagai model yang efektif dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa mengalami peningkatan minat belajar yang akan berdampak juga pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. 2) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. 3) Untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekata kuantitatif. Jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut dengan sampel kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa dan soal post-test untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. 2) Ada pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut. 3) Ada pengaruh model Discovery Learning Tipe POE terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193091 ERIKA ZHURA ENI
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:28
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38503

Actions (login required)

View Item View Item