METODE GURU DALAM IMPROVE QUALITY PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

ENDAH MAHMUDATUN NASI'AH, 12201193135 (2023) METODE GURU DALAM IMPROVE QUALITY PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Metode Guru Dalam Improve Quality Pembelajaran Fiqih Di Kelas VII Mts Al Ma’arif Tulungagung” yang ditulis oleh Endah Mahmudatun Nasi’ah, NIM. 12201193135, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Prof.Dr.H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci : Metode Guru, Improve Quality, Pembelajaran Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam proses belajar mengajar dikelas terkadang menemukan beberapa peserta didik malas, bosan, jenuh, dan mengantuk ketika pembelajaran fiqih dimulai, kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap pembelajaran fiqih berarti menunjukkan bahwa kurangnya metode guru dalam improve quality. Sehingga menyebabkan aspek kognitif peserta didik terhadap pelajaran fiqih kurang. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana keaktifan dan kreativitas guru dalam improve quality pembelajaran fiqih dalam penggunaan metode pembelajaran. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Metode guru dalam menumbuhkan keaktifan improve quality pembelajaran fiqih kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung (2) Metode guru dalam menumbuhkan kreativitas improve quality pembelajaran fiqih kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung Skripsi ini disusun berdasarkan data di lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama adalah guru fiqih. Jenis penelitian ini adalah fenomena kasus. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilapangan dengan menggunakan wawancara mendalam, obervasi, dan dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan kondensasi, penyajian, dan vertifikasi. Hasil penelitian (1) Metode guru dalam menumbuhkan keaktifan improve quality pembelajaran fiqih kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung, yaitu: Pertama, ceramah ilmiah. Kedua guru menggunakan metode ceramah dengan diselingi humor-humor. Ketiga guru menggunakan metode tanya jawab agar peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Keempat guru memberikan reward berupa point dan tambahan uang. Kelima, membuat beberapa kelompok diskusi Keenam, guru memberikan penugasan siswa membuat media tentang alat untuk tayamum.(2) Metode guru dalam menumbuhkan kreativitas improve quality pembelajaran fiqih kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung, yaitu: guru mempraktekkan kepada peserta didik tentang tata cara bertayamum yang benar, kemudian dipraktekan langsung oleh peserta didik didalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 10 Aug 2023 03:34
Last Modified: 10 Aug 2023 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38637

Actions (login required)

View Item View Item