PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GETARAN DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

NUR FAIZAH AMILIA, 12211193073 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GETARAN DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Getaran di MTsN 5 Tulungagung” yang ditulis oleh Nur Faizah Amilia, NIM. 12211193073, Jurusan Tadris Fisika (TFIS) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci : Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya interaksi siswa selama proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru berperan aktif dalam pembelajaran sedangkan murid hanya mendengarkan dan kurangnya interaksi antara guru dan juga murid. Hal ini menyebabkan kurang kritisnya siswa terhadap fenomena yang terjadi serta kurang kreatif dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Getaran di MTsN 5 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi getaran di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Bentuk desain yang digunakan yakni Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang berjumlah 8 kelas dengan total 237 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yakni kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni: 1) Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas). 2) Uji Prasyarat Hipotesis (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas). 3) Uji Hipotesis (Uji-T dan Uji effect size cohen’s) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Materi Getaran kelas VIII MTsN 5 Tulungagung dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. 2) Besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Materi Getaran kelas VIII MTsN 5 Tulungagung sebesar 0.7 atau 76% tergolong medium.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193073 Nur Faizah Amilia
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:38
Last Modified: 15 Aug 2023 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38835

Actions (login required)

View Item View Item