PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (di TK AL KHODIJAH dan TK IT AL ASROR)

ADI TIRA ASTADEWA NITA HARUM, 12206193062 (2023) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (di TK AL KHODIJAH dan TK IT AL ASROR). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Perbendingan Model Pembelajaran Sentra dengan Model Pembelajaran Kelompok ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini (di TK AL KHODIJAH dan TK IT AL ASROR)” yang telah ditulis oleh Adi Tira Astadewa Nita Harum, dengan Nim 12206193062, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang telah dibimbing oleh: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : model pembelajaran sentra dan kelompok, kecerdasan interpersonal Penelitian ini dilakukan di dua lembaga, yaitu TK Al Khodijah dan TK IT Al Asror. Melihat kecerdasan interpersonal anak yang sangat baik perkembangannya sesuai dengan usia anak dan yang dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran sentra. Dari situlah peneliti ingin juga mengetahui kecerdasan interpersonal anak yang menggunakan model pembelajaran berbeda yaitu kelompok, apakah hasilnya sama dengan anak yang menggunakan model pembelajaran sentra. Rumusan masalah yang diangkat peneliti yaitu “Apakah terdapat perbandingan kecerdasan interpersonal anak yang menggunakan model pembelajaran sentra dengan model pembelajaran kelompok”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak yang menggunkan model pembelajaran sentra dengan model pembelajaran kelompok, apakah terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal dari keduannya, dan seberapa besar perbedaannya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, yang mana dalam mengambil datanya berupa angka sebagai pacuan untuk menganalisis apa yang akan diketahui, peneliti menggunakan kuantitatif komparatif/ ex post facto yaitu setelah fakta. Hasil penelitian dari skripsi ini menyatakan bahwasanya terdapat pebedaan yang signifikan dalam kecerdasan interpersonal anak yang menggunakan model pembelajaran sentra dengan model pembelajaran kelompok. dibuktikan dengan banyak dan sedikitnya anak yang senang bermain atau bekerja sama, memahami perasaan orang lain, memiliki sikap empati, dapat menahan emosi dan dapat membangun hubungan pertemanan yang baik. Dibuktikan juga dengan hasil perhitungan yang didapatkan bahwasanya terdapat perbedaan yang signifikan skor kecerdasan interpersonal anak dengan menggunakan model pembelajaran sentra ( M = 32.0000, dan SD = 2.84605), dan skor kecerdasan interpersonal anak dengan menggunakan model pembelajaran kelompok (M = 28.9000 dan SD = 1.91669 ).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193062 ADI TIRA ASTADEWA NITA HARUM
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:54
Last Modified: 22 Aug 2023 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39122

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item