PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI

NANING NUR AFIFAH, 12211193064 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MADRASAH TSANAWIYAH ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB)

Abstract

Naning Nur Afifah, NIM. 12211193064. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Getaran dan Gelombang di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Tunggangri.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Materi Getaran dan Gelombang Permasalahan terkait kesulitan pada materi getaran dan gelombang terjadi di MTs Aswaja Tunggangri kelas VIII pada pelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang masih didominasi dengan metode ceramah, disertai beberapa latihan pengerjaan soal sehingga pembelajaran masih menerapkan pola satu arah, atau teacher centered dan sedikit kurang berpusat pada siswa . Dalam dunia MTs pelajaran IPA khususnya fisika diajarkan tidak begitu mendetail, karena keterbatasan waktu. Peserta didik yang masih duduk dibangku MTs sudah berpendapat bahwa fisika itu sulit dan banyak rumusnya. Hal seperti ini cenderung menjadi dogmatis atau dominan hafalan dan membatasi kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara simultan di kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan pola non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 79 siswa, sampel penelitian ini adalah kelas VIII - A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 uji, yaitu uji instrument (uji validasi dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri, yang dilihat dari hasil independent sample t-test dengan nilai sig. 0,004 < 0,05.(2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri, yang dilihat dari hasil independent sample t-test dengan nilai sig. 0,009 < 0,05. (3) Adanya pengaruh model pembelajaran xviii kooperatif learning tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa secara simultan pada materi getaran dan gelombang di MTs Aswaja Tunggangri, dilihat dari hasil independent sample t-test dengan nilai sig.0,00<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12208193107 Sapta Darma Widya
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:32
Last Modified: 28 Aug 2023 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item