MUHAMAD RIZAL MUSTOFA, 17209163041 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BROSUR MATERI PERMASALAHAN SOSIAL BUDAYA KELAS VII SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Brosur Materi Permasalahan Sosial Budaya Kelas VII SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” ini ditulis oleh Muhamad Rizal Mustofa, NIM. 17209163041, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Brosur, Permasalahan Sosial Budaya Proses pembelajaran tidak pernah lepas dari interaksi antara guru dengan siswa. Interaksi tersebut dapat dibantu dengan menggunakan bahan pembelajaran. Bahan ajar adalah seperangkat sarana pembelajaran yang berisi materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu bahan pembelajaran yang kreatif, menarik, tidak membosankan bagi siswa yaitu menggunakan bahan ajar berupa brosur. Dalam hal ini, strategi yang dilakukan yaitu membuat inovasi terhadap pengemasan bahan ajar brosur. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses desain pengembangan brosur materi permasalahan sosial budaya kelas VII SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar, (2) Mengetahui kelayakan brosur materi permasalahan sosial budaya kelas VII SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang akan digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Data dalam penelitian ini adalah kombinasi yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneliti ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Selanjutnya, teknik yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif yang dinilai menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah: (1) dilakukan analisis materi dengan cara mengidentifikasi salah satu materi pembelajaran IPS yakni Permasalahan Sosial Budaya dengan mengumpulkan materi pembelajaran dari Buku Siswa IPS Kelas 7 untuk dapat dijelaskan secara runtut setiap poin. Kemudian melakukan pemilihan gambar sesuai materi yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar brosur dengan mencantumkan sumber yang sebelumya sudah di download melalui internet dan memasukkannya kedalam template yang diinginkan. Setelah itu, memberikan judul, menyusun gambar-gambar dan menambahkan kalimat edukasi disesuaikan dengan penempatannya. Selanjutnya, menambahkan materi dan juga ikon-ikon pendukung supaya tampilanya terlihat lebih menarik. (2) Uji kelayakan dari 3 validator yakni ahli media, ahli materi dan guru IPS, bahan ajar brosur yang dikembangkan sudah mencapai tahap final dengan nilai presentase diatas 80% dengan kriteria “sangat menarik”, maka dapat dipastikan pada pembelajaran memberikan kemudahan, meningkatkan pemahaman, dan kebermanfaatan bagi peserta didik dan pendidik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 17209163041 MUHAMAD RIZAL MUSTOFA |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 13:53 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 13:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39495 |
Actions (login required)
View Item |