MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH (Studi Multikasus di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung)

SANTIKA, 12501185032 (2023) MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH (Studi Multikasus di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi berjudul “Manajemen Humas dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah (Studi Multikasus di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung)”. ditulis oleh Santika dengan Promotor Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr.H.Asrop Safi’I,M.Ag, Kata Kunci: Manajemen Humas, Daya Saing Sekolah. Penelitian dalam disertasi ini dilatar belakangi oleh fenomena pengelolaan humas sekolah dengan tujuan memenangkan hati masyarakat dan calon peserta didik sebagai pilihan terbaik. Program ini bertujuan menyampaikan informasi sekolah dan membangun opini tentang daya saing sekolah. Upaya ini dapat terwujud, salah satunya melalui manajemen humas sekolah sebagai ujung tombak sekolah dalam bidang informasi dan hubungan dengan stakeholder dalam perencanaan, pelaksanaan berikut evaluasinya. Pertanyaan penelitian dalam disertasi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan humas dalam meningkatkan daya saing di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan humas dalam meningkatkan daya saing di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi humas dalam meningkatkan daya saing di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dan SMK NU Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis menggunakan rancangan multikasus di SMKN 1 Tulungagung dan SMK NU Tulungagung. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumenasi. Analisis data meliputi analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan menggunakan tiga pendekatan, yaitu; a) rencana kerja (program), b) rencana pengorganisasian program, c) anggaran; 2) pelaksanaan meliputi; a) publikasi; b) kerja sama pendidikan; c) kemitraan; 3) evaluasi berfokuspada; a) materi, fasilitas dan sumber daya publikasi; b) efektivitas kerja sama; c) hasil. Hasil penelitian menguatkan teori fungsi humas dari Cultip & Center, Harlow, Broom dan Keith Butterick, J.C, Seidel serta pendapat Emerson Reck bahwa public relations merupakan kegiatan komunikasi timbal balik antara lembaga dengan publiknya. Selain itu, pendapat Kotler bahwa adakalanya kehumasan sekolah berlaku sebagai human relations saja, ada kalanya merangkap posisi pemasaran, bahkan ada kalanya memiliki kecenderungan berorientasi pada pemasaran saja.

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501185032 SANTIKA
Date Deposited: 30 Aug 2023 10:17
Last Modified: 30 Aug 2023 10:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39563

Actions (login required)

View Item View Item