PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Ready Mufidatun Ni'mah, 2814123129 (2016) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Rejotangan Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ready Mufidatun Ni’mah, NIM. 2814123129, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika Masih ditemukan fakta bahwa siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit. Kesulitan siswa terhadap matematika disebabkan keabstrakan objek dalam matematika. Keabstrakan objek dalam matematika bisa dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan dari materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran. Selain itu, guru dalam memilih metode pembelajaran dalam pembelajaran matematika masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika serta menjadikan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, metode discovery learning mampu mengatasi masalah tersebut. Didukung dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai akan menambah pemahaman siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode discovery learning berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Rejotangan tahun ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh metode discovery learning berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Rejotangan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4, dengan sampel berjumlah 62 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data memperoleh data sejarah sekolah, profil sekolah, daftar nama siswa yang akan digunakan sebagai sampel, Nilai UAS kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan metode discovery learning berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Rejotangan tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan dan rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen (XI MIA 3) lebih besar dari pada siswa kelas kontrol (XI MIA 4), karena pembelajaran discovery learning akan lebih mudah diserap oleh siswa dalam memahami pembelajaran. Dalam pembelajaran discovery learning ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan baru melalui pengalamannya sendiri dengan menggunakan media pembelajaran yang menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. 2) Metode discovery learning berbantuan media pembelajaran berpengaruh besar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN Rejotangan yaitu sebesar . Hal ini dikarenakan dengan menggunakan metode discovery learning berbantuan media pembelajaran minat dan motivasi belajar siswa meningkat. Minat dan motivasi belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan adanya motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran ini maka juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123129 Ready Mufidatun Ni,mah
Date Deposited: 01 Nov 2016 07:08
Last Modified: 01 Nov 2016 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3958

Actions (login required)

View Item View Item