PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI HAFALAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK DI TK NEGERI SATU ATAP JEPUN 1

DYAH MARDANITA, 12206193110 (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI HAFALAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK DI TK NEGERI SATU ATAP JEPUN 1. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Dyah Mardanita, 12206193110, 2023 “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Melalui Hafalan Asmaul Husna Pada Anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata kunci : Peran guru, Hafalan Asmaul Husna, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai-nilai agama dan moral bagi generasi penerus bangsa. Seperti halnya program pembiasaan Hafalan Asmaul Husna pada peserta didik di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yang sudah berkembang dengan baik. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan tersebut. Sehubungan dengan itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru sebagai motivator, demonstrator, dan pembimbing di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 dalam menanamkan Hafalan Asmaul Husna pada anak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1? (2) Bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan keabsahan data dengan triangulasi yang diuraikan secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru sebagai motivator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru memberikan semangat. Guru memberikan penghargaan. (2) peran guru sebagai demonstrator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru memperagakan gerakan-gerakan sederhana di depan peserta didik dengan hafalan asmaul husna menggunakan metode bernyanyi. (3) peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru membimbing dan membantu anak dalam proses menghafal asmaul husna secara bertahap. Guru membiasakan peserta didik untuk menghafal asmaul husna secara berulang-ulang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193110 DYAH MARDANITA
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:57
Last Modified: 06 Sep 2023 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39791

Actions (login required)

View Item View Item