DYAH MARDANITA, 12206193110 (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI HAFALAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK DI TK NEGERI SATU ATAP JEPUN 1. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (973kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (811kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (627kB) | Preview |
Abstract
Dyah Mardanita, 12206193110, 2023 “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Melalui Hafalan Asmaul Husna Pada Anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata kunci : Peran guru, Hafalan Asmaul Husna, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai-nilai agama dan moral bagi generasi penerus bangsa. Seperti halnya program pembiasaan Hafalan Asmaul Husna pada peserta didik di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yang sudah berkembang dengan baik. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan tersebut. Sehubungan dengan itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru sebagai motivator, demonstrator, dan pembimbing di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 dalam menanamkan Hafalan Asmaul Husna pada anak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1? (2) Bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1? (3) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan asmaul husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan keabsahan data dengan triangulasi yang diuraikan secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru sebagai motivator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru memberikan semangat. Guru memberikan penghargaan. (2) peran guru sebagai demonstrator dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru memperagakan gerakan-gerakan sederhana di depan peserta didik dengan hafalan asmaul husna menggunakan metode bernyanyi. (3) peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui hafalan Asmaul Husna pada anak di TK Negeri Satu Atap Jepun 1 yaitu Guru membimbing dan membantu anak dalam proses menghafal asmaul husna secara bertahap. Guru membiasakan peserta didik untuk menghafal asmaul husna secara berulang-ulang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193110 DYAH MARDANITA |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:57 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39791 |
Actions (login required)
View Item |