PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TRANSAKSI SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI MILENIAL DI KOTA BLITAR

BUNGA ATIKA DAMAYANTI, 12402193243 (2023) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TRANSAKSI SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI MILENIAL DI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (964kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Transaksi Shopee PayLater terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Blitar” ini di tulis oleh Bunga Atika Damayanti, NIM. 12402193243, Pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Shopee menyediakan berbagai pilihan dalam metode pembayaran, salah satu metode pembayaran yang cukup menarik yaitu Shopee PayLater. Shopee PayLater memiliki konsep PayLater yang pada dasarnya sama dengan kartu kredit namun dikemas lebih menarik. Shopee PayLater menawarkan beli sekarang bayar nanti dengan sistem seperti hutang sehingga dapat menerima barangnya terlebih dahulu dan membayarkannya nanti dengan sekali bayar atau cicilan. Adanya Shopee PayLater ini menarik para penggunanya untuk menggunakan sistem pembayaran ini karena adanya manfaat dan kemudahan transaksi sehingga dapat mengakibatkan adanya perilaku konsumtif khususnya pengguna generasi milenial. Generasi milenial merupakan generasi yang mudah tepengaruh oleh perkembangan teknologi. Tujuan dalam penelitian ini (1) untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat transaksi Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Blitar (2) untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan pengguna Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Blitar (3) untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan transaksi Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden generasi milenial pengguna Shopee PayLayer di Kota Blitar dengan rentan umur 20-40 tahun. Teknik anaslisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 26.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan transaksi Shopee PayLater berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif pada generasi milenial di Kota Blitar. Sedangkan secara simultan menggunakan uji f atau secara bersama-sama menunjukkan bahwa ada pegaruh secara simultan antara variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan transaksi Shopee PayLater terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kota Blitar. Kata Kunci: Shopee PayLater, Perilaku Konsumtif, Generasi Milenial

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Belanja Online
Ekonomi > Gaya Hidup
Media Sosial
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:22
Last Modified: 06 Sep 2023 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39866

Actions (login required)

View Item View Item