KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII UNGGULAN MTsN 3 BLITAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

ELVI NUR LAILI, 12204193229 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII UNGGULAN MTsN 3 BLITAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

ABSTRAK xvi Skripsi dengan judul “ Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII Unggulan MTsN 3 Blitar Ditinjau dari Kemampuan Matematika” ini ditulis oleh Elvi Nur Laili, NIM. 12204193229, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Syaiful Hadi., M. Pd. Kata kunci : Berpikir Kritis, Soal HOTS, SPLDV, Kemampuan Matematika Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa. Kemampuan berpikir yang diupayakan saat ini yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan seseorang agar dapat menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat maupun personal. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS di MTsN 3 Blitar kelas VIII unggulan. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tingkat sedang dalam menyelesaikan soal HOTS di MTsN 3 Blitar kelas VIII unggulan. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa tingkat rendah dalam menyelesaikan soal HOTS di MTsN 3 Blitar kelas VIII unggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII unggulan MTsN 3 Blitar, tes tipe soal HOTS diikuti oleh 6 siswa yang terpilih dari tes kemampuan matematika siswa, selanjutnya tes wawancara untuk memperkuat dari hasil tes tulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII unggulan di MTsN 3 Blitar berbeda antara siswa yang mempunyai tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. 1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi sudah mampu memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu : interprestasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. 2) siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interprestasi, evaluasi, dan inferensi. 3) siswa dengan kemampuan matematika rendah mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interprestasi, dan inferensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:30
Last Modified: 09 Oct 2023 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40496

Actions (login required)

View Item View Item