NOVITA SARI, 12211193060 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII DI SMPN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (889kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengguanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Novita Sari, NIM. 12211193060, Program Studi Tadris Fisika, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), minat belajar, hasil belajar kognitif Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang berkonsentrasi saat guru sedang menjelaskan pelajaran. Siswa cenderung tidak aktif atau tidak termotivasi dan hanya bermain game online, kurangnya kesadaran untuk terlibat dalam pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Inovasi baru diperlukan untuk mengatasi rendahnya minat dan hasil belajar IPA siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda yakni model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajan Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control grup desaign. Populasi pada penelitian ini berjumlah 369 siswa, sampel penelitian ini adalah kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas kontrol adalah VIII-I dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan 3 uji, yaitu uji instrument (uji validasi dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Berdasarkan uji t dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika > Optik Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193060 Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 11:47 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 11:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40521 |
Actions (login required)
View Item |