PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII DI SMPN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

NOVITA SARI, 12211193060 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII DI SMPN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengguanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Novita Sari, NIM. 12211193060, Program Studi Tadris Fisika, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), minat belajar, hasil belajar kognitif Penelitian ini dilatar belakangi siswa kurang berkonsentrasi saat guru sedang menjelaskan pelajaran. Siswa cenderung tidak aktif atau tidak termotivasi dan hanya bermain game online, kurangnya kesadaran untuk terlibat dalam pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Inovasi baru diperlukan untuk mengatasi rendahnya minat dan hasil belajar IPA siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang berbeda yakni model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajan Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control grup desaign. Populasi pada penelitian ini berjumlah 369 siswa, sampel penelitian ini adalah kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas kontrol adalah VIII-I dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan 3 uji, yaitu uji instrument (uji validasi dan uji reliabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. Berdasarkan uji t dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Optik
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193060 Novita Sari
Date Deposited: 29 Sep 2023 11:47
Last Modified: 29 Sep 2023 11:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40521

Actions (login required)

View Item View Item