STRATEGI FUNDRAISING MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOCH FAJAR ROZIK ASHARI, 12404193074 (2023) STRATEGI FUNDRAISING MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Fundraising Melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Dana Zakat di BAZNAS Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Moch Fajar Rozik Ashari, NIM 12404193074, Pembimbing: Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Fundraising menjadi salah satu patokan utama keberlangsungan lembaga atau organisasi pengelola zakat. Untuk mencapai keberhasilan fundraising diperlukan adanya rencana yang cerdik dan cermat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis srategi dalam melakukan penghimpunan atau fundraising dana zakat yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan media sosial. Terdapat tiga rumusan masalah dalam skripsi ini, yakni : (1) Bagaimana perencanaan strategi fundraising dana zakat melalui media sosial di BAZNAS Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimana implementasi strategi fundraising dana zakat melalui media sosial di BAZNAS Kabupaten Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi strategi fundraising dana zakat melalui media sosial di BAZNAS Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dimana penelitian ini didasari dengan pengamatan yang dilakukan oleh penulis kemudian dipaparkan sesuai apa yang penulis amati di lapangan. Adapun pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu menggunakan metode observasi dan wawancara langsung. Ketika data-data telah terkumpul, penulis melakukan analisis lalu mengambil kesimpulan dari hasil analisis tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perencanaan yang dilakukan oleh bagian IT BAZNAS Kabupaten Tulungagung sebelum pelaksanaanya yaitu setiap akhir bulan menyiapkan jadwal dan konten konten di media sosial, kemudian akan di share di bulan berikutnya, konten tersebut meliputi konten edukasi dan kegiatan BAZNAS Kabupaten Tulungagung. (2) BAZNAS Kabupaten Tulungagung saat ini aktif menggunakan instagram dan facebook sebagai sarana fundraising zakat melalui media sosial dengan mengupload konten-konten menarik seputar zakat dan berbagai kegiatan BAZNAS Kabupaten Tulungagung disertai nomor rekening BAZNAS Kabupaten Tulungagung yang tertera di setiap konten.(3) dampak dari implementasi strategi fundraising dana zakat melalui media sosial di BAZNAS Kabupaten Tulungagung meningkat pada dua tahun terakhir setelah memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana strategi fundraising. Kata Kunci : Strategi, Fundraising, Media Sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:29
Last Modified: 02 Oct 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40605

Actions (login required)

View Item View Item