DINI NOVITASARI, 12204193067 (2023) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS VIII SMPN 1 LOCERET. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Adversity Quotient di Kelas VIII SMPN 1 Loceret” ini ditulis oleh Dini Novitasari, NIM. 12204193067, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Proses Berpikir, Soal HOTS, Adversity Quotient Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di kelas oleh peneliti yaitu banyak ditemukannya siswa yang tidak mampu menuliskan perencanaan masalah dengan lengkap dan runtut. Hanya siswa tertentu saja yang bisa menuliskan lengkap, lainnya hanya sebatas memahami soal sudah kebigungan, disimpulkan bahwa proses berpikir mereka berbeda-beda. Hal ini pasti ada faktor yang membedakan antara siswa tersebut, seperti kemampuan siswa apabila dihadapkan dengan kesulitan atau biasa dikenal dengan Adversity Quotient. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Clilmber dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Camper dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret, dan (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Loceret Nganjuk dengan jumlah 279 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII-I SMPN 1 Loceret Nganjuk yang berjumlah 6 siswa, terdiri dari 2 siswa tipe Climber, 2 siswa tipe Camper, dan 2 siswa tipe Quitter berdasarkan Teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini : (1) Siswa Climber mampu melewati ketiga tahap proses berpikir yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan, (2) Siswa Camper tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, hanya mampu melewat 2 tahap, yaitu pembentukan pengertian, dan pembentukan pendapat, (3) Siswa Quitter tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, siswa Quitter hanya mampu melewati tahap pembentukan pengertian, itupun ada subjek yang kurang sempurna dalam tahap pembentukan pengertian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12403193171 AGUNG ADI SAPUTRA |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 08:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 08:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40611 |
Actions (login required)
View Item |