PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS VIII SMPN 1 LOCERET

DINI NOVITASARI, 12204193067 (2023) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT DI KELAS VIII SMPN 1 LOCERET. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Adversity Quotient di Kelas VIII SMPN 1 Loceret” ini ditulis oleh Dini Novitasari, NIM. 12204193067, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Proses Berpikir, Soal HOTS, Adversity Quotient Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di kelas oleh peneliti yaitu banyak ditemukannya siswa yang tidak mampu menuliskan perencanaan masalah dengan lengkap dan runtut. Hanya siswa tertentu saja yang bisa menuliskan lengkap, lainnya hanya sebatas memahami soal sudah kebigungan, disimpulkan bahwa proses berpikir mereka berbeda-beda. Hal ini pasti ada faktor yang membedakan antara siswa tersebut, seperti kemampuan siswa apabila dihadapkan dengan kesulitan atau biasa dikenal dengan Adversity Quotient. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Clilmber dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Camper dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret, dan (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Loceret Nganjuk dengan jumlah 279 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII-I SMPN 1 Loceret Nganjuk yang berjumlah 6 siswa, terdiri dari 2 siswa tipe Climber, 2 siswa tipe Camper, dan 2 siswa tipe Quitter berdasarkan Teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini : (1) Siswa Climber mampu melewati ketiga tahap proses berpikir yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan, (2) Siswa Camper tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, hanya mampu melewat 2 tahap, yaitu pembentukan pengertian, dan pembentukan pendapat, (3) Siswa Quitter tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, siswa Quitter hanya mampu melewati tahap pembentukan pengertian, itupun ada subjek yang kurang sempurna dalam tahap pembentukan pengertian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12403193171 AGUNG ADI SAPUTRA
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:21
Last Modified: 02 Oct 2023 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40611

Actions (login required)

View Item View Item