“ARAB PODCAST” تعليم مهارة الكلام على أساس البودكاست في قناة يوتيوب لدى طلاب المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الواحدة تولونج أجونج

INDI ALFIA HAMIDA, 12202193031 (2023) “ARAB PODCAST” تعليم مهارة الكلام على أساس البودكاست في قناة يوتيوب لدى طلاب المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الواحدة تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Maharah Kalam Berbasis Podcast pada Channel Youtube Arab Podcast bagi siswa MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Indi Alfia Hamida, NIM: 12202193031, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung Tahun 2023, Pembimbing: Dr. H. Ahmad Nurcholis, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Maharah Kalam, Podcast Latar Belakang: Pembelajaran maharah kalam tingkat sekolah menengah pertama mengalami permasalahan baik permasalahan internal maupun masalah eksternal, sehingga proses pembelajaran maharah kalam belum dilakukan secara optimal. Hal ini dikarenakan gagalnya pembelajaran maharah kalam dikelas dan siswa kurang mampu mengembangkan kompetensi maharah kalam dengan media dan buku ajar yang telah disediakan oleh pihak madrasah. Oleh karena itu perlu adanya paltform digital berbasis podcast sebagai sarana pengembangan potensi maharah kalam. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran maharah kalam berbasis podcast pada channel youtube Arab Podcast bagi siswa MTsN 1 Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran maharah kalam berbasis podcast pada channel youtube Arab Podcast bagi siswa MTsN 1 Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran maharah kalam berbasis podcast pada channel youtube Arab Podcast bagi siswa MTsN 1 Tulungagung?. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yakni dimana peneliti melakukan penelitian dengan terjun langsung disebuah lembaga pendidikan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran yang direncanakan ada enam tahap, yaitu: menyusun perangkat pembelajaran (program tahunan, program semester, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kriteria Ketuntasan Minimal), Menentukan target yang harus dicapai siswa, Menetapkan strategi pembelajaran, Mempersiapkan media pembelajaran, Mengatur pengelolaan kelas, dan juga menyiapkan evaluasi. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan ada tujuh langkah, diantaranya guru menyiapkan perangkat media dikelas (wifi dan televisi), guru membagi kelompok, guru menjelaskan materi dari video youtube arab podcast, murid mendiskusikan materi, perwakilan masing-masing kelompok presentasi, tanggapan dari kelompok lain dan masukan dari guru, dan langkah terakhir yaitu guru memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan diskusi. 3) Evaluasi pada pembelajaran maharah kalam berbasis podcast dilakukan dengan 2 jenis, diantaranya adalah tes formatif dan tes syafahi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193031 Indi Alfia Hamida
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:53
Last Modified: 04 Oct 2023 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40703

Actions (login required)

View Item View Item