PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI BUSTANUL ULUM NOTOREJO GONDANG TULUNGAGUNG

SITI IMROHATUL BASIROH, 2817123149 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV MI BUSTANUL ULUM NOTOREJO GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 BAGIAN AWAL COVER Dll.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Imrohatul Basiroh, NIM 2817123149, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata kunci: contextual teaching and learning (CTL), kerjasama, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran cenderung monoton, guru masih menggunakan metode-metode konvensional yaitu, ceramah, tanya jawab, penugasan dan mencatat. Kendala lain yang dialami yaitu pada saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik terlihat pasif tidak mau memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan hanya sebagian peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan dari guru. Untuk mengubah peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran, model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) sangatlah tepat, karena model ini membantu guru untuk menguhubungkan kegiatan dan bahan ajar dengan situasi nyata, yang dapat memotivasi peserta didik untuk dapat menghubungkan pengetahuan dan terapannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik sebagai anggota keluarga, bahkan sebagai anggota masyarakat disekitarnya dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk saling bekerjasama dalam memecahkan masalah tertentu sehingga dapat diperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung ?, 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung?, Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi gaya peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung, 2) Mendeskripsikan peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung, 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum Notorejo Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Imroh A Ba 2817123149 Siti Imrohatul Basiroh
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:20
Last Modified: 22 Dec 2016 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4079

Actions (login required)

View Item View Item