Rina Solihatul F, 1756144046 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA (Studi Multisitus di SMPN 1 Sendang dan SMPN 2 Karangrejo). [ Thesis ]
|
Text
Sampul.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 tesis.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Tesis CTL Revisi.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
lanjutan bab 2.pdf Download (170kB) |
||
|
Text
Penelitian Terdahulu.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Tesis CTL -Revisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
lanjutan bab 4.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (210kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan aktivitas belajar PAI siswa (Studi multisitus di SMPN 2 Sendang dan SMPN 2 Karangrejo) ini ditulis oleh Rina Solihatul Fadillah dengan pembimbing Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Hj Binti Maunah, M.PdI Kata Kunci : Pembelajaran, CTL (contextual teaching and learning), Aktivitas pembelajaran PAI. Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa di dalam mengambil makna dari konsep-konsep pembelajaran yang telah diajarkan di dalam kelas, pada mata pelajaran PAI, sehingga siswa hanya akan menghafalkan konsep namun dari segi kualitasnya masih kurang, selain itu juga menanggapi maraknya pembahasan model-model pembelajaran yang saat ini sering dibahas diberbagai workshop sebagai tawaran untuk model pembelajaran yang menyenangkan namun tetap efektif dalam mensuplai kompetensi siswa. Salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan adalah CTL. Model pembelajaran CTL memungkinkan siswa untuk menampilkan kreatifitasnya secara maksimal, melalui kemampuan menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata siswa, siswa dapat mengemukakan pendapat, ide, pola berfikirnya dan lainnya, di samping proses tersebut akan mengaktifkan kemampuan siswa di dalam unjuk kemampuan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri siswa karena merasa dibutuhkan dan dihargai kemampuanya juga akan menumbuhkan kemandirian pada diri siswa di dalam memecahkan segala problematika yang dihadapi siswa. Fokus Penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar PAI Siswa di SMP Negeri 1 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo; 1) Bagaimanakah Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo; 2) Bagaimanakah aktivitas belajar PAI Siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning di SMP Negeri 1 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo; 3) Bagaimanakah Peningkatan aktivitas belajar PAI siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual Teaching and Learning di SMP Negeri 1 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, analisis data observasi, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) Model Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran PAI disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, dan telah sesuai dengan visi misi sekolah, Perencanaan telah dituangkan di dalam silabus kemudian dijabarkan di dalam RPP yang dibuat di awal tahun pembelajaran, Silabus akan diperoleh dari MGMP pusat atau kabupaten kemudian akan digodok kembali di dalam MGMPS dan diterapkan sesuai dengan kondisi siswa, penyusunan RPP akan disesuaikan dengan standart kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada silabus dari mata pelajaran PAI; 2) Guru melaksanakan Pembelajaran dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo, pelaksanaan model pembelajaran CTL ini di lakukan melalui empat siklus, siklus pertama tentang persiapan tindakan, kedua pembelajaran tanpa model CTL, siklus ketiga dengan CTL dan keempat evaluasi. pada kegiatan inti melalui tiga tahapan, kegiatan pendahuluan di isi dengan mengembalikan kosentrasi siswa melalui beberapa kegiatan,(berdo’a, membaca tadarus, absensi dan appersepsi, yang di isi dengan quisioner maupun pretest), kegiatan inti yang berupa membahas materi pelajaran dengan mengunakan metode market place. Everyone is teacher dan problem based learning, metode ini membuat siswa aktif di dalam pembelajaran. 3) Peningkatan Aktivitas Belajar PAI Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning di SMP Negeri 1 Sendang dan SMP Negeri 2 Karangrejo, peningkatan aktivitas belajar siswa di dasari kompetensi guru di dalam mengelola kelas terlebih dahulu,mulai dari penataan kursi, dan media, guru dalam mengoptimalkan seluruh kemampuan siswa untuk dapat aktif ikut serta di dalam pembelajaran melalui pemberian motivasi kepada siswa, adanya upaya untuk menanggulangi kendala dari kekurang efektifan model pembelajaran CTL pada materi tajwid dengan cara memperbanyak prosentase waktu untuk guru.guru akan memanfaatkannya untuk ceramah dan siswa akan mempraktikkannya dengan cara membaca al qur’an ataupun menganalisis ayat-ayat al qur’an untuk di definisikan ke dalam hukum bacaanya. Adanya penigkatan akkan ativitas belajar ini di buktikan dengan peningkatan score dan presentase observasi aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rina 1756144046 soliha |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 06:56 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4084 |
Actions (login required)
View Item |