PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERSUASIF PADA KEGIATAN PROMOSI DI TOKO ONLINE SHOPEE DAN IMPLIKASI PADA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

ETY RIZQI MAEMUNAH, 12210193109 (2023) PENGGUNAAN GAYA BAHASA PERSUASIF PADA KEGIATAN PROMOSI DI TOKO ONLINE SHOPEE DAN IMPLIKASI PADA MATERI TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK Ety Rizqi Maemunah. 2023. Penggunaan Gaya Bahasa Persuasif pada Kegiatan Promosi di Toko Online Shopee dan Implikasi pada Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Penggunaan, Gaya Bahasa Persuasif, Iklan Bahasa iklan yang menarik dan mudah diingat oleh pembeli menjadikan toko online Shopee menjadi toko online yang paling banyak diminati. Tentunya hal tersbut berkaitan dengan adanya pemilihan kata atau penggunaan gaya bahasa dan teknik persuasif yang digunakan untuk menarik perhatian pembeli. Hal tersebut juga berkaitan dengan pembelajaran pada teks iklan, slogan dan poster yang ada di kelas VIII.. Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang hasil akhirnya berupa penjelasan mengenai data temuan yang ditemukan selama penelitian berlangsung. Dengan menggunakan teknik penelitian dokumentasi berupa tangkapan layar tuturan dialog iklan yang ada pada kegiatan promosi di toko online Shopee. Pertanyaan pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana penggunaan gaya bahasa persuasif yang digunakan dalam kegiatan promosi fashion di toko online Shopee? (2) Bagaimana penggunaan teknik persuasif pada kegiatan promosi fashion di toko online Shopee? (3) Bagaimana implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran pada materi teks iklan, slogan, dan poster. Pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ditemukan penggunaan gaya bahasa persuasif. Dalam penelitian ini ditemukan penggunaan gaya bahasa persuasif dalam iklan yang ada di toko online Shopee. ditemukan sebanyak 17 iklan yang menggunakan gaya bahasa hiperbola, 3 iklan menggunakan gaya bahasa metonimia, 2 iklan menggunakan gaya bahasa personifikasi, 6 iklan menggunakan gaya bahasa metafora, dan 1 iklan menggunakan gaya bahasa aliterasi. Ditemukan juga penggunaan teknik persuasif dalam penulisan iklan yakni sebanyak 8 iklan menggunakan teknik persuasif rasionalisasi, 12 iklan menggunakan jenis persuasif sugesti, dan 10 iklan menggunakan teknik persuasif konformitas. Implikasi penelitian ini dalam kegiatan pembelajaran teks iklan, slogan, dan poster, dapat diterapkan atau digunakan pada materi yang diajarkan di kelas VIII pada KD 3.3 mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan atau poster dan KD 4.3 menyimpulkan isi iklan, slogan atau poster.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Narasi
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193109 ETY RIZQI MAEMUNAH
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:39
Last Modified: 17 Oct 2023 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41139

Actions (login required)

View Item View Item