STRATEGI PENGUSAHA TOKO KELONTONG DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH MARAKNYA TOKO MODERN DI KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG

NURIYATUS SYAHROTUN NISA’, 12405193188 (2023) STRATEGI PENGUSAHA TOKO KELONTONG DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH MARAKNYA TOKO MODERN DI KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengusaha Toko Kelontong dalam Mempertahankan Usaha di Tengah Maraknya Toko Modern di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nuriyatus Syahrotun Nisa’, NIM 12405193188, Pembimbing Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya toko modern saat ini menjadi dampak bagi para pengusaha toko kelontong. Hal ini dirasakan oleh para pengusaha toko kelontong di Kecamatan Campurdarat, berdirinya toko modern di area pedesaan dinilai sangat merugikan bagi pengusaha toko kelontong. Adanya toko modern membuat omset penjualan toko kelontong menurun. Jika hal ini terus terjadi toko kelontong akan mengalami kerugian dan bahkan menutup usaha toko kelontongnya. Penelitian ini bertumpu pada dua fokus penelitian: Bagaimana strategi bertahan toko kelontong di tengah ancaman toko modern di Kecamatan Campurdarat dan apa saja faktor penghambat dan pendorong toko kelontong dalam mempertahankan usaha ditengah maraknya toko modern di Kecamatan Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data aktual yang relevan atau sumber data primer melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan para pelaku usaha toko kelontong di Kecamatan Campurdarat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan toko kelontong di Kecamatan Campurdarat menggunakan dua startegi yaitu Prospector Strategy dan Defender Strategy. Adapun beberapa strategi yang dilakukan yaitu melakukan penataan barang jualan, penambahan varian produk, loyal dengan para pembeli, dan melakukan kerjasama dengan para agen atau sales. Menggunakan strategi tersebut dinilai dapat membantu mempertahankan usahanya di tengah maraknya toko modern yang semakin pesat di area pedasaan. Selain itu, terdapat faktor pendorong dan penghambat dalam mempertahankan usaha ini. Faktor pendorongnya yaitu: keinginan untuk terus berkambang, dan melakukan kerjasama dengan para agen. Sedangakan faktor penghambatnya adalah modal usaha, adanya pesaing dengan menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah, dan adanya kasbon yang terus menumpuk. Kata Kunci: Strategi, Bertahan, Toko Kelontong, dan Toko Modern

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193188 NURIYATUS SYAHROTUN NISA'
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:36
Last Modified: 19 Oct 2023 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41153

Actions (login required)

View Item View Item