PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS A DI TK PLUS BAITUL HUDA

RHEINA DITA ANDRIANA, 12206193052 (2023) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS A DI TK PLUS BAITUL HUDA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (603kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Bercerita dalam Pengembangan Kognitif Anak di TK Plus Baitul Huda” ditulis oleh Rheina Dita Andriana, NIM 12206193052, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Metode Bercerita, Pengembangan Kognitif Anak Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling fundamental. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan lainnya yaitu : perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik motorik kasar dan halus, kecerdasan / kognitif , sosial emosional, bahasa dan komunikasi. Perkembanganan kognitif anak berpengaruh dalam kehidupan seharihari anak salah satunya untuk bersosialisasi dalam masyarakat sehingga kecerdasan kognitif perlu dikembangkan secara optimal. Salah satu caranya adalah melalui metode bercerita, karena melalui bercerita anak mendapat pengalaman serta pengetahuan yang akan disampaikan melalui cerita secara lisan. Melalui cerita atau ilustrasi yang tergambarkan anak akan berimajinasi sesuai dengan kemampuannya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui bercerita untuk anak usia dini kelas A di TK Plus Baitul Huda ? (2) Bagaimana capaian pengembangan kognitif anak terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan metode bercerita? (3) Bagaimana kesulitan yang di alami oleh guru dalam proses pembelajaran melalui metode bercerita untuk anak usia dini kelas A di TK Plus Baitul Huda? (4) Bagaimana solusi dari kesulitan yang di alami oleh guru dalam proses pembelajaran melalui metode bercerita untuk anak usia dini kelas A di TK Plus Baitul Huda? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analitik. Pengumpulan data didapatkan melalui peneliti sebagai instrumen aktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas, peserta didik dan kepala sekolah TK Plus Baitul Huda. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data melalui teknik kepercayaan. Hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari : prosedur penerapan pembelajaran metode bercerita, penerapan metode bercerita tanpa menggunakan media, penerapan bercerita dengan menggunakan media (2) capaian perkembangan kognitif anak dengan penerapan metode bercerita dapat mengembangkan: kemampuan bahasa, kemampuan akademik, kemampuan sosial dan emosional, dan kemampuan kreativitas dan imajinasi (3) kesulitan yang dialami guru saat penerapan metode bercerita seperti menentukan tema yang tepat, menjaga fokus anak, menilai pemahaman anak (4) solusi dari kesulitan guru saat penerapan metode bercerita adalah mencari cerita dari berbagai sumber yaitu buku dan internet, memasukkan ice breaking seperti sapaan dan tepuk-tepuk untuk mendapat perhatian lagi dari anak, untuk menilai pemahaman anak guru juga melakukan tanya jawab terkait dengan cerita yang dibawakan dan guru melakukan evaluasi dengan penilaian harian dan penilaian mingguan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193052 RHEINA DITA ANDRIANA
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:42
Last Modified: 20 Oct 2023 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41258

Actions (login required)

View Item View Item